Sabtu 14 Oct 2017 16:31 WIB

Ketum MUI: Sertifikasi Halal Tren Kehidupan Global

Ketua MUI, Maruf Amin
Foto: ROL
Ketua MUI, Maruf Amin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Ketua Majelis Ulama Indonesia KH Ma’ruf Amin menyebut saat ini sertifikasi halal sudah menjadi (trend) kehidupan global. Menurutnya, program jaminan produk halal semula  berangkat dari upaya  perlindungan umat (himayatul ummah)  mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak halal. Kini, bukan hanya sebagai perlindungan, jaminan produk halal juga telah menjadi ajang bisnis dunia.

KH Ma’ruf menilai, penting penerapan UU Jaminan Produk Halal (JPH),  karena Indonesia merupakan pusat halal dunia. Bahkan, lembaga halal food dunia berada di Indonesia, dan diketuai oleh orang Indonesia juga. “Dengan disahkannya UU JPH, tentunya dengan diresmikannya BPJPH hari ini, kami berharap urusan penyelenggaraannya (jaminan produk halal) akan lebih baik ke depan,” ujarnya, belum lama ini.

Sebelum adanya UU No. 33 Tahun 2014, sertifikasi produk halal bersifat volunteer. Selama 28 tahun, MUI telah menggawangi proses sertifikasi produk halal tersebut. Namun, menurut KH Ma’ruf, MUI tidak memiliki kewenangan untuk melakukan pengawasan maupun law enforcement.

Dengan adanya UU No.33 tahun 2014, proses pengawasan maupun law enforcement terkait JPH dapat dilaksanakan. Sebab, JPH bertujuan memberikan kenyamanan, keamanan, keselamatan dan kepastian ketersediaan produk halal bagi masyarakat dalam mengonsumsi dan menggunakan produk. Selain itu, JPH diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah bagi pelaku usaha untuk memproduksi dan menjual produk halal.

Sebagai bentuk komitmen dan dukungan terhadap pelaksanaan UU JPH, MUI siap melaksanakan tugas-tugas yang diberikan kepada MUI seperti yang tercantum dalam UU JPH tersebut. Berdasarkan UU No. 33 tahun 2014, MUI tetap memiliki peran dalam jaminan produk halal. 3 peran yang dimiliki MUI, yaitu : sertifikasi auditor halal, penetapan (fatwa) kehalalan produk, dan akreditasi Lembaga Pemeriksa Halal (LPH).

“Majelis ulama akan melaksanakan tugas-tugas itu, dan akan mendukung terlaksananya pengurusan yang sekarang berada di tangan BPJPH,” tegas Ma’ruf.

KH Ma’ruf pun bertutur, bahwa saat ini sistem yang telah diletakkan oleh MUI mengenai sertifikasi produk halal, telah diadopsi oleh banyak pihak di dunia. Sekitar 50 lembaga sertifikasi dunia menggunakan sistem standar halal yang diterapkan MUI. Lebih dari 50 lembaga sertifikasi halal di dunia meminta dan memperoleh pengakuan dari MUI.

“Semula kita ingin mengembangkan menjadi halal is my life, halal adalah kehidupan kita. Tapi sekarang halal juga menjadi kehidupan global, karena memiliki nilai bisnis yang luar biasa,” ucapnya. 

Atas peresmian BPJPH, KH Ma’ruf mengucapkan selamat dan berharap proses penyelenggaraan jaminan produk halal ke depan lebih baik lagi. “Karena sekarang telah di dukung oleh undang-undang. Bahkan undang-undang tersebut tidak lagi volunteer, suka rela. Tapi, mandatori, wajib,” tandasnya.

sumber : kemenag.go.id
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement