Ahad 26 Mar 2017 06:40 WIB

Menkominfo Minta Pesantren Berkontribusi Isi Konten Positif di Medsos

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Bayu Hermawan
Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara berharap kalangan pesantren dapat berkontribusi mengisi media sosial dengan konten positif melalui karya film pendek para santri. Sebab menurutnya, saat ini media sosial banyak dipenuhi dengan konten-konten negatif.

"Di tengah gempuran konten negatif, tontonan yang menampilkan nilai-nilai moral sangatlah diperlukan," kata Rudiantara dalam sambutannya di acara Malam Anugerah Festival Film Santri 2017, Sabtu (25/3).

Pemerintah khususnya Kementerian Komunikasi dan Informasi, menurut Rudiantara, sejauh ini telah melakukan pemblokiran puluhan ribu situs yang dinilai mengandung pornografi hingga radikalisme. Namun, dia menegaskan, membersihkan dunia maya dari konten negatif tidak bisa hanya dilakukan dengan cara memblokir situs, tetapi juga harus mengisinya dengan konten positif seperti film pendek karya para santri ini. Rudiantara sendiri menyatakan akan menayangkan karya film pendek para santri yang menang dari setiap kategori melalui Youtube.

Sebelumnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat melalui Komisi Pembinaan Seni Budaya Islam MUI menyelenggarakan lomba film pendek antarpesantren se-Indonesia. Para pemenangnya diumumkan melalui acara Malam Anugerah Festival Film Santri 2017 pada Sabtu, (25/3). Ada tiga kategori penghargaan yang diumumkan yaitu terdiri dari tiga penulis naskah terbaik, tiga sutradara terbaik, serta tiga film pendek terbaik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement