Sabtu 25 Mar 2017 18:23 WIB

6.000 Kader NU Ikut Kegiatan Pramuka LP Ma'arif NU

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agus Yulianto
 Gerakan Pramuka bentangkan bendera Merah Putih (Ilustrasi)
Foto: Gerakan Pramuka
Gerakan Pramuka bentangkan bendera Merah Putih (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Lembaga Pendidikan Ma'arif Nahdlatul Ulama (LP Ma'arif NU) akan menyelenggarakan kegiatan Perkemahan Wirakarya Pramuka Ma'arif NU Nasional (Perwimanas II) yang diikuti ribuan peserta pada 18-23 September 2017. Perwimanas II akan dilaksanakan di Lapangan Tembak Akmil Salaman dan Pondok Pesantren API Tegalrejo, Magelang, Jawa Tengah.

Ketua LP Ma'arif NU KH Z Arifin Junaidi mengatakan, tujuan diselenggarakannya Perwimanas II sebagai upaya LP Ma'arif NU melakukan pembinaan terhadap generasi muda Bangsa Indonesia. Sebab, kegiatan pramuka di luar kegiatan pembinaan yang dilakukan oleh sekolah secara formal. Di dalam kegiatan Perwimanas II ada beberapa hal yang dibina.

"Bina diri, bina sosial dan bina lingkungan," kata KH Z. Arifin kepada Republika saat Launching Perwimanas II di Gedung PBNU, Sabtu (25/3).

Ia menerangkan, bina diri untuk mengembangkan dan melatih kemampuan diri para peserta Perwimanas II. Bina sosial untuk melatih kemampuan bekerja di dalam tim dan di tengah masyarakat. Kemudian, bina lingkungan, para peserta akan melakukan bakti sosial kepada masyarakat untuk melatih kepekaan mereka terhadap lingkungan.

Dia mencontohkan, peserta Perwimanas II membangun sarana dan prasarana untuk membantu masyarakat. Pada Perwimanas I, para peserta melakukan penghijauan dengan menanam 10 ribu pohon. Perwimanas tahun ini juga akan diikuti ribuan peserta dari perwakilan wilayah di seluruh Indonesia.

"Tadi koordinasi, ini dari 32 wilayah datang, diidentifikasi lagi jumlah peserta (Perwimanas II) mencapai 6.000 orang," ujarnya.

Sebanyak 6.000 peserta tersebut berasal dari sekolah dan madrasah NU dari kalangan SMA serta SMK. KH Z. Arifin menegaskan, target yang hendak dicapai dari Perwimanas II, ingin menciptakan generasi NU yang benar-benar memahami dan menghayati Islam Ahlussunnah Waljama'ah. "Selain itu, ingin menciptakan kader-kader yang bertekat mempertahankan NKRI. "NKRI harga mati," ujarnya.

Perwimanas II diselenggarakan Satuan Komunitas (Sako) Pramuka Ma'arif NU dan LP Ma'arif NU. Perwimanas II mengusung tema Ahlussunnah Waljama'ah An-Nahdliyah Kokohkan Karakter Generasi Bangsa. LP Ma'arif NU berharap, melalui Perwimanas II bisa membantu menyiapkan generasi Bangsa Indonesia yang Ahlussunnah Waljama'ah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement