Kamis 29 Nov 2012 19:01 WIB

Muslim Kanada Kampanyekan Perlindungan Terhadap Perempuan

Rep: Agung Sasongko/ Red: Heri Ruslan
Muslim Kanada
Muslim Kanada

REPUBLIKA.CO.ID,  TORONTO -- Komunitas Muslim Kanada menyadari insiden kekerasan terhadap perempuan, termasuk muslimah, terus meningkat.

Kondisi itu jelas membuat rasa tidak aman bagi perempuan.Tak mau berdiam diri melihat kenyataan itu, komunitas mMslim menggelar aksi kampanye anti-kekerasan terhadap perempuan.

Kampanye bertajuk Pita Putih itu telah dimulai sejak 25 November lalu.Kordinator Kampanye Pita Putih, Imam Abdur Rasheed Michael Taylor, menjelaskan pita putih ini merupakan simbol komitmen untuk tidak pernah melakukan, membiarkan atau tetap diam soal kekerasan terhadap perempuan.  

"Kami menantang setiap pria dewasa dan anak-anak laki-laki untuk berbicara dan berpikir dengan bahasa mereka soal kekerasan terhadap perempuan," kata dia seperti dikutip onislam.net, Kamis (29/11).

Tak sekedar mengingatkan, lanjut Rasheed, kampanye ini dimaksudkan untuk mempromosikan hubungan yang sehat melalui pendidikan dan kemitraan antar masjid, organisasi perempuan, dan lembaga sosial guna menciptakan masa depan tanpa kekerasan terhadap perempuan.

Ketua Dewan Imam Kanada, Hamid Slimi mengatakan tindak kekerasan terhadap perempuan bertentangan dengan ajara Islam. Sebaliknya, Islam mengajarkan agar memperlakukan perempuan dengan baik.

"Yang terbaik di antara kamu adalah yang memperlakukan pasangan dengan baik," kata dia.

Kampanye ini bukan kali pertama dilakukan umat Islam Kanada. Pada Januari lalu, mereka juga ambil bagian dalam kampanye melawan kekerasan rumah tangga.

"Kekerasan terhadap perempuan dan anak perempuan tidak dapat diterima. Karena itu, kami berkomitmen untuk bekerja sama dengan seluruh elemen masyarakat," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement