Jumat 10 Mar 2017 09:03 WIB

Rumah Sakit di London Sediakan Makanan Halal

Rep: Marniati/ Red: Ilham
Makanan halal
Foto: ist
Makanan halal

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Rumah Sakit Umum Sandwell yang terletak di West Bromwich, London akan menyediakan dapur halal bagi staf dan pasien. Rencana ini dilakukan karena adanya keluahan dari karyawan Rumah Sakit dan pasien bahwa mereka  tidak bisa membeli makanan halal di rumah sakit.

Chief Executive Rumah Sakit Sandwell, Toby Lewis mengatakan, pertemuan dengan dewan telah dilakukan. Pihak rumah sakit telah menghubungi produsen makanan lokal untuk memasok makanan halal bagi karyawan dan pasien. Saat ini, kerja sama dengan pemasok makanan lokal masih terus dilakukan. Penetapan harga akan ditentukan dalam empat pekan ke depan. Kerja sama ini juga memastikan agar makanan yang disediakan tetap memperhatikan unsur kesehatan.

Juru bicara Heart of England NHS Foundation Trust yang merupakan salah satu organisasi terbesar yang mengurus rumah sakit di Inggris mengatakan, pihak rumah sakit telah memilih untuk menciptakan dapur terpisah bagi karyawan dan pasien yang menginginkan makanan  halal. “Dan ini cara terbaik untuk menyediakan berbagai pilihan makanan halal sehat untuk pasien dan staf yang menginginkannya,” ujar perwakilan Trust seperti dilansir birminghammail.co.uk, Rabu (8/3).

Islam pertama kali masuk ke Inggris pada abad ke-18. Pada tahun 2011 terdapat 2,7 juta Muslim yang tinggal di Inggris dan Wales, naik hampir satu juta dari sensus sebelumnya. 5,0% dari populasi merupakan dewasa dan 9,1% merupakan anak di bawah usia lima tahun. 

Sebagian besar Muslim bermukim di Bradford, Luton, Blackburn, Birmingham, London, dan Dewsbury. Selain itu, populasi Muslim juga dapat ditemui di High Wycombe, Slough, Leicester, Derby, Manchester, Liverpool dan kota-kota pabrik dari Northern England.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement