Senin 06 Mar 2017 15:44 WIB

Kikis Keraguan, Ikuti 10 Promosi Halal LPPOM MUI

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Agung Sasongko
LPPOM MUI
Foto: Republika/Agung Supriyanto
LPPOM MUI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM-MUI) memahami perkembangan telekomunikasi memudahkan masyarakat mendapatkan informasi, baik benar atau salah. Karenanya, LPPOM MUI membuat 10 langkah promosi halal demi menambah wawasan dan mengikis keraguan masyarakat.

1. Indhex

Indhex merupakan kegiatan tahunan LPPOM MUI berupa pameran produk bersertifikat halal, dan berbagai perhelatan Global Halal Forum, Halal Award, aneka bincag-bincang (talkshow), halal competition dan Halal Community Gathering. Indhex biasanya digelar di Jakarta International Expo.

2. Olimpiade Halal

LPPOM MUI kerap menggelar Olimpiade Halal yang diikuti pelajar-pelajar SMU tingkat nasional setiap tahun, demi menumbuhkan dan meningkatkan kepedulian generasi muda terhadap produk dan gaya hidup halal sehari-hari. Ujian biasanya dilaksanakan melalui program Halal Learning Online (Halo).

3. Halal Food Goes to School

Program yang memang ditujukan untuk generasi muda, usia TK sampai SMU ini bertujuan memacu kepedulian atas produk halal dan selalu mengkonsumsi makanan dan minuman halal. Program ini biasanya berupa penyuluhan ke sekolah-sekolah sambil memperkenalkan produk halal.

4. Wisata Halal

Program ini bertujuan memperkenalkan kepada anak usia sekolah dan masyarakat umum tentang proses pengolahan makanan dan minumam halal. Selain itu, program ini memberikan pengetahuan tentang kehalalan produk di perusahaan yang telah mendapat sertifikasi halal.

5. Seminar Halal

LPPOM MUI sering bekerjasama dengan universitas, instansi dan media untuk menggelar seminar/talkshow.

6. Kompetisi Halal

LPPOM MUI kerap membuat perlombaan-perlombaan bertema halal, yang pengumuman pemenangnya biasanya dilakukan LLPOM MUI bertepatan dengan peringatan milad setiap tahunnya.

7. Fasilitasi Sertifikat Halal Gratis

LPPOM MUI bekerjasama dengan pemerintah atau instansi terkait kerap memberikan fasilitasi sertifikasi halal gratis kepada UKM. Sejumlah lembaga yang biasanya bekerjasama seperti Kementerian Agama, BPOM, Kementerian KUKM, Kementerian Kelautan dan Perikatan, dan Dinas Perindustrian Kota/Kabupaten.

8. Sosialisasi Halal ke UKM atau Perusahaan Besar

LPPOM MUI memberikan sosialisasi halal kepada UKM dan perusahaan besar, baik secara mandiri maupun bekerjasama dengan pemerintah atau instansi terkait.

9. Sosialisasi Halal di Media dan Sosial Media

LPPOM MUI bekerjasama dengan berabgai media baik cetak maupun daring (online) seperti Republika, Detik.com, Majalah Ummi dan lain-lain untuk sosilaisasi halal. Selain itu, LPPOM MUI melakukan sosialisasi halal melalui sosial media seperti Twitter dan Facebook.

10. Merchandise

LPPOM MUI membuat aneka merchandise bertema 'Halal is My Life' sebagai upaya sosialisasi tagar. (Wahyu Suryana)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement