Sabtu 25 Feb 2017 19:29 WIB

Anies Ungkap Hikmah Masa Kecil Rasulullah

Anies Baswedan
Foto: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Anies Baswedan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, anak harus digembleng sejak kecil dan dididik untuk terbiasa menghadapi masalah agar mandiri serta tidak tergantung pada orang tua saat dewasa.

"Kita sering tidak ingin anak kita terlibat masalah. Padahal membuat anak tumbuh itu harus digembleng," kata Anies di hadapan ibu-ibu majelis taklim Bahjatul Ummahat, Cikoko, Jakarta Selatan, Sabtu.

Anies mengajak ibu-ibu yang hadir dalam majelis untuk mengingat kembali proses pendidikan Nabi Muhammad saat digembleng Allah, bahkan sejak dalam kandungan.

"Masih di dalam kandungan, sudah yatim. Usia enam tahun, ibunya meninggal dan harus mengantar ibunya ke kuburan yang bukan berada di kotanya. Usia delapan tahun mengantar kakeknya ke kuburan," tuturnya.

Menurut Anies, pengalaman hidup Nabi Muhammad itu mungkin terlihat kecil. Namun, Anies mengatakan pengalaman tersebut justru membuat Nabi Muhammad menyadari sejak kecil bahwa ketergantungannya hanya kepada Allah SWT.

Kisah pengalaman Nabi Muhammad itu, kata Anies, perlu menjadi hikmah yang bisa diambil para orang tua dalam mendidik anak-anaknya. Anak harus dididik terbiasa menghadapi masalah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement