Rabu 22 Feb 2017 23:36 WIB

Tanwir Muhammadiyah Ingin Tingkatkan Kualitas Sosial Umat Islam

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Didi Purwadi
Yunahar Ilyas
Foto: Republika / Darmawan
Yunahar Ilyas

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON -- Perhelatan Tanwir Muhammadiyah akan dihelat di Kompleks Islamic Center Ambon, Kota Ambon, Provinsi Maluku, pada 24-26 Februari. Ketua PP Muhammadiyah, Prof. Yunahar Ilyas, mengatakan pelaksanaan Tanwir bertujuan untuk meningkatkan syiar Islam di Maluku, terutama Ambon.

''Tanwir juga turut bertujuan untuk meningkatkan gerakan Muhammadiyah sekaligus meningkatkan kualitas sosial umat Islam di Maluku,'' kata Yunahar kepada Republika.co.id, Rabu (22/2).

Pria yang akrab disapa Buya Yunahar ini mengatakan Tanwir tahun ini mengangkat tema 'Kedaulatan dan Keadilan Sosial untuk Indonesia Berkemajuan'. Sebab, problem masyarakat Indonesia sekarang ini terkait masalah kedaulatan dan keadilan sosial terutama kedaulatan ekonomi dan keadilan hukum.

Karena itu, katanya, Muhammadiyah akan senantiasa benar-benar memiliki kedaulatan sendiri. ''Itu semua tidak lain demi mewujudkan cita-cita rakyat yang ingin Indonesia benar-benar menjadi negara yang berdaulat,'' katanya.

Ia pun mengatakan salah satu agenda di Tanwir Muhammadiyah yakni pencanangan pendirian perguruan tinggi dan rumah sakit. "Kita akan canangkan pendirian Universitas Muhammadiyah dan Rumah Sakit Muhammadiyah di Ambon," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement