Selasa 21 Feb 2017 07:59 WIB

Sejak Dini Ajarkan Anak 99 Nama Allah

Asmaul Husna
Foto: Yusufmansur.com
Asmaul Husna

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menurut John L Esposito dalam Ensiklopedi Oxford, pada masa keemasan, Alquran memiliki peran yang sangat sentral dalam peradaban Islam. Wajarlah kalau pendidikan Islam berkisar di seputar kitab suci yang dipandang sebagai basis bagi semua pengetahun,” ujar guru besar untuk bidang Agama dan Hubungan Internasional serta guru besar untuk bidang Studi Islam di Universitas Georgetown. Menurut dia, pada usia enam tahun, seorang anak di zaman kejayaan Islam sudah mulai bersekolah. Kesibukan utamanya adalah menghafal Alquran sesempurna mungkin.

Selain itu, anak-anak juga diajarkan cara untuk menulis 99 nama Allah atau al-asma al-husna. Anak-anak Muslim di masa kekhalifahan pun mulai diperkenalkan dengan tulisan ayat-ayat Alquran yang sederhana. Setelah mahir membaca dan menulis, mereka diajarkan Alquran ditambah pelajaran berhitung atau aritmatika.

 

Menurut Esposito, teknik utama belajar Alquran pada waktu itu berupa pengulangan, siswa menirukan guru. Mereka mengulang satu bagian Alquran sampai benar-benar hafal,” tuturnya. Tujuan utama PAUD pada waktu itu adalah mencetak siswa menjadi Muslim yang baik. Salah satunya adalah dapat membaca, menghafal, serta mulai memahami Alquran.

Tak heran jika para ilmuwan Muslim terkemuka di era kejayaan Islam kebanyakan telah hafal Alquran sejak usia dini. Ibnu Sina, yang dikenal memiliki kepintaran dan daya ingat yang luar biasa sejak usia dini, telah dikenalkan dengan ilmu Alquran sehingga pada usia lima tahun sang dokter legendaris sudah mampu menghafal Alquran.

Dengan diperkenalkan Alquran dan nilai-nilai Islam sejak dini, para ilmuwan Muslim di era keemasan tak hanya menguasai sains, tapi juga memiliki basis ilmu agama yang kokoh. Pengembangan ilmu pengetahuan, sains, bahkan seni selalu diwarnai oleh nilai-nilai keislaman, sehingga wahyu berperan sebagai pemandu ilmu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement