Kamis 02 Feb 2017 09:53 WIB

Ayat Alquran Ini Jadi Inspirasi Tony Q Gubah Lagu

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Agus Yulianto
Tony Q 'Rastafara'
Foto: Shelbi Asrianti
Tony Q 'Rastafara'

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Musisi reggae Tony Q Rastafara terinspirasi ayat Alquran dalam pembuatan salah satu lagunya. Lagu berjudul 'Agama' itu termuat di album 'Sang Cahaya' yang rilis Oktober 2016 silam.

"Lagu ini merupakan pengejawantahan ayat Alquran Surat Al Kafirun, Lakum diinukum waliya diini," ujar pria bernama asli Tony Waluyo Sukmoasih itu mengenai lagu yang menurutnya sangat spiritual.

Napas dari ayat tersebut memang sangat tercermin dalam lirik yang ditulis Tony. Sekelumit kutipan lagu berbunyi "Agamaku agamaku, agamamu agamamu, biarlah surga atau neraka urusan kita masing masing, yang aku tahu Tuhan Maha Segala Tahu".

Tony menjelaskan, lagu 'Agama' berangkat dari keresahannya menyimak toleransi yang belum sepenuhnya meresap antarpemeluk agama di Indonesia. Karena itu, ia kembali menyuarakannya lewat musik reggae yang telah didalami sejak 1989.

Ikon musik reggae Indonesia itu juga masih konsisten mengkritisi beragam permasalahan di Indonesia. Salah satu yang ia soroti adalah gejolak politik dan pemerintahan yang menurutnya sedang tidak karuan.

Tony mencontohkan, hampir setiap hari ada masalah pejabat tersangkut kasus korupsi, dengan jumlah yang semakin banyak alih-alih berkurang. Sebagai seniman, dia bergerak lewat aksi budaya agar generasi muda bisa menghindarkan diri dari hal-hal negatif seperti korupsi.

"Semoga pesan kebaikan ini bisa tertular hingga generasi anak cucu nanti. Ibarat air yang terus mengalir, membersihkan sendiri kotoran yang ada di dalamnya," ujar pria yang sedang gemar menggiati hobi melukis ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement