Rabu 18 Jan 2017 17:45 WIB
Belajar Kitab

Al-Badr Ath-Thali, Sisi Humanis dari Autobiografi

Rep: Nashih Nasrullah/ Red: Agung Sasongko
Kitab Kuning
Foto: Antara
Kitab Kuning

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kitab ini termasuk entri berharga dalam kajian biografi, karya seorang tokoh yang hidup pada abad ke-12 Hijriyah. Ia adalah Imam Muhammad as-Syaukani.

Dalam karyanya ini, as-Syaukani menjabarkan nama-nama ulama, figur publik, dan tokoh terkemuka yang hidup pada abad ke-12 Hijriyah atau sekira abad ke-18 Masehi.

Bahkan, sebagian tokoh yang ia cantumkan, ada yang berasal dari generasi abad sebelumnya. Mereka ada yang dari kalangan cerdik pandai, ahli ibadah, penguasa, raja, dan sastrawan.

Asy-Syaukani menulis kitabnya ini ke dalam dua jilid dengan sistematika penulisan nama tokohnya secara abjad hijaiyah. Jumlah total tokoh yang ditulis dalam karyanya ini sebanyak 596 orang.

Keseluruhannya terbagi ke dalam dua jilid tersebut. Dalam jilid pertama, ada 354 tokoh Arab dan Islam. Sedangkan, pada jilid kedua ia menulis biografi 242 tokoh terkemuka pada masa itu secara umum, tak hanya terbatas pada Arab dan Islam. Bahkan, jilid ini memuat biografi tokoh dari berbagai wilayah dan abad-abad sebelumnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement