Sabtu 22 Oct 2016 12:38 WIB

Santri Pamekasan Sambut HSN dengan Pengobatan Gratis

Pengobatan gratis (Ilustrasi)
Foto: IST
Pengobatan gratis (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PAMEKASAN - - Santri dari berbagai pondok pesantren di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, Sabtu (22/10), memperingati Hari Santri Nasional (HSN) dengan menggelar kirab budaya dan bakti sosial pengobatan gratis. Kirab budaya ini mengusung gagasan Islam Nusantara, dengan berkeliling kota dari area Monumen Arek Lancor Pamekasan.

Bupati Pamekasan Achmad Syafii melepas kirab budaya Islam Nusantara ini. "Santri merupakan salah satu elemen penting dalam sejarah perjuangan bangsa ini dan oleh karenanya pemerintah memberikan penghargaan khusus bagi para santri," katanya.

Bupati menyatakan, dengan adanya Hari Santri Nasional ini, diharapkan peran santri dalam berbagai kehidupan berbangsa dan bernegara akan lebih optimal.

Santri diharapkan bisa menempati posisi strategis di pemerintahan, sehingga dengan cara itu, missi santri sebagai penyebar kebaikan dan kebenaran dalam berbagai ranah kehidupan berbangsa dan bernegara bisa lebih efektif. "Selamat Hari Santri Nasional," ucap bupati.

Kirab budaya Islam Nusantara oleh ribuan santri dari berbagai pondok pesantren di Pamekasan itu mulai dari Monumen Arek Lancor menuju Jalan Pangeran Diponegoro, Segara, R Abd Azis, Trunojoyo dan kembali ke monumen Arek Lancor Pamekasan.

Pada perayaan HSN ini juga digelar pemeriksaan kesehatandan pengobatan gratis. Menurut Ketua Panitia Pelaksana Ilyas, selain memeriahkan Hari Santri Nasional, kirab budaya ini juga dimaksudkan untuk mengingat sejarah perjuangan santri saat mengusir penjajah dari bumi Nusantara ini.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement