Sabtu 15 Oct 2016 08:50 WIB

Pilpres Amerika, Mitos SARA, MUI, dan Pilkada DKI

Ribuan massa unjuk rasa terkait pernyataan Gubernur DKI Jakarta, Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama soal surah Al Maidah ayat 51 bergerak dari Masjid Istiqlal ke Balai Kota DKI, Jumat (14/10).
Foto: Republika/Dadang Kurnia
Ribuan massa unjuk rasa terkait pernyataan Gubernur DKI Jakarta, Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama soal surah Al Maidah ayat 51 bergerak dari Masjid Istiqlal ke Balai Kota DKI, Jumat (14/10).

Pilpres Amerika, Mitos SARA, MUI, dan Pilkada DKI

Oleh: Denny JA, Pengamat Politik/Pendiri Lingkaran Survei Indonesia (LSI)

Dua jam lebih saya terpaku menonton debat kedua antara calon presiden Hillary Clinton dan Donald Trump, 10 Oktober 2016. Saya pun teringat Pilkada DKI saat ini.

 

Namun saya tak sempat menonton live. Rekaman debat mereka di Youtube yang saya nikmati.

Serasa saya menonton pertunjukan teater. Ada dinamika. Ada passion. Ada plot. Kadang saya terbawa ikut marah. Kadang tertawa. Namun di akhir acara, saya belajar banyak.

Kadang mereka berdua bicara rasional soal public policy yang akan mereka lakukan. Mereka menyebut angka dan meyakinkan betapa program mereka nanti mampu membawa Amerika Great Again (Trump). Atau betapa program itu sesuai dengan janji Amerika  untuk semua (Hillary)

Kadang mereka saling menyerang karakter masing masing lewat peristiwa masa silam.

Tak ketinggalan politik identitas, yang di Indonesa seolah masih ditabukan, di sini dibicarakan terbuka. Dengan santai saja.

Diangkat bagaimana buruknya Trump memperlakukan wanita. Bahkan sebelum debat, TV amerika menyiarkan video Trump yang menyatakan kata kata kepada wanita secara tak pantas, menghina.

Dibalas pula oleh Trump menunjukkan Bill Clinton, suami Hillary, lebih buruk lagi soal wanita. Ia hanya bicara, hanya kata,  tapi Bill Clinton itu aksi, bukan kata.

Kata Trump, Presiden Clinton lebih buruk soal wanita pada prilaku kongkretnya. Bahkan itu hampir membuat Bill Clinton dipecat sbg presiden.

Trump menyebut nama nama wanita yang bermasalah dengan Bill Clinton dalam hubungan perselingkuhan. Namun Clinton tak memperlakukan mereka dengan semestinya.

Hilary menyerang Trump soal Muslim, Latino, hispanic. Bagaimana etnik dan penganut agama ini di bawah Trump nanti terancam menjadi warga kelas dua.

Berbalik, Trump menyerang Hillary soal pengungsi Suriah yang membahayakan Amerika. Tak diseleksinya  pengungsi ini bisa menambah ketidak amanan Amerika, kriminal, drugs, dan sebagainya.

Di satu session, mereka keras sekali saling mengecam. Kata Hillary, Trump tidak fit menjadi presiden Amerika. Ia tak memenuhi kualifikasi itu.

Di sisi lain, Trump menyatakan HIllary tak pantas menjadi presiden Amerika. Ia menghilangkan ribuan email secara tidak sah. Jika ia jadi presiden, Hillary bisa dipenjara.

Namun toh di akhir acara, mereka saling memuji. Penonton tepuk tangan. Trump dan Hillary bersalaman dan tertawa bersama.

Saya membayangkan, bisakah Pilkada DKI seperti itu? Membicarakan segala hal secara terbuka, namun tetap dalam suasana kompetisi yang sehat, yang memang dibolehkan oleh demokrasi modern.

Yang belum kita lihat di Pilkada DKI, ketiga kandidat belum berdebat soal program. Kita belum bisa menilai di mana kekuatan dan kelemahan program masing masing.

Dua calon yang ada, Anies dan Agus memang mendadak menjadi calon. Mereka belum menyiapkan program komprehensif yang akan ditawarkan.

Soal politik identitas, soal agama, juga kurang dibicarakan secara terbuka dan dingin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement