Ahad 02 Oct 2016 09:03 WIB

Muslim Banjarmasin Iktikaf Sambut Tahun Baru Islam

Umat Muslim tengah memanjatkan doa (ilustrasi)
Foto: Antara/Nyoman Budhiana
Umat Muslim tengah memanjatkan doa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Menyambut tahun baru Islam, 1 Miharram 1438 Hijriah, Sabtu (1/10) malam, sebagian kaum Muslim di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, melakukan ibadah iktikaf di masjid-masjid.

Dalam ibadah iktikaf tersebut, kaum Muslim tak hanya berdiam diri di masjid, tetapi juga melaksanakan shalat sunat hajat, shalat taubat dan shalat sunat tasbih, selain membaca doa awal tahun serta tausyiah atau ceramah agama tentang penanggalan hijriah.

Sebelumnya, kaum Muslim sesudah shalat Ashar pada akhir Zulhijah 1437 H, baik perorangan maupun berjamaah membaca doa akhir tahun, sebagaimana kelompok pengajian ibu-ibu di Jalan Gajah Mada Beruntung Jaya.

Semua amalan menyambut tahun baru Islam itu, termasuk doa akhir dan awal tahun yang pada pokoknya mengharapkan masa depan yang lebih baik, terhindar dari segala bala bencana serta fitnah.

 

Seorang dosen Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Antasari Banjarmasin, Prof Dr Asmaraman dalam tausyiahnya menerangkan tentang keutamaan serta hal-hal yang terjadi pada Muharram yang bisa menjadi pembelajaran bagi kaum Muslim.

Keutamaan Muharram, selain masuk empat bulan yang diharamkan Allah SWT sepanjang tahun hijriah, seperti berperang, juga banyak kifarat atau kelebihan bila melakukan amal kebajikan "amar makruf nahi munkar" (melakukan kebaikan dan mencegah ketidakbaikan).

Oleh karenanya, ungkap Asmaraman, Islam menganjurkan kaum Muslim juga agar memperbanyak melakukan amal kebaikan, seperti memberi sedekah atau memberi makan kepada fakir miskim dan anak yatim.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement