Jumat 30 Sep 2016 10:16 WIB

Siswa MAN I Amuntai Belajar Kimia dengan Snowball Throwing

Struktur kimia carbyne.
Foto: Science Alert
Struktur kimia carbyne.

REPUBLIKA.CO.ID, AMUNTAI -- Guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Amuntai Ana Ariyani SPd memberikan kegiatan pembelajaran kimia dengan model snowball throwing untuk membahas materi kimia unsur diruang kelas XII MIA 2. Pasalnya, materi kimia unsur termasuk materi yang cukup sulit karena memerlukan kekuatan untuk mengingat.

Menurut Ana, dengan model pembelajarn snowball throwing tersebut dinilai lebih efektif membantu peserta didik untuk mengingat materi yang dibahas. "Peserta didik langsung terlibat dalam proses pembelajaran dan memunculkan kreativitas mereka," kata Ana.

Ana menjelaskan, kegiatan diawali dengan menyampaikan materi yang akan disajikan. Kemudian, guru membentuk kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi, masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya, setelah itu menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya.

Dikatakan Ana, masing-masing peserta didik diberikan satu lembar kerja untuk menuliskan pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok. Kertas tersebut, kata dia, kemudian dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa lain selama kurang lebih 5 menit.

Setelah siswa mendapat satu bola atau satu pertanyaan, kemudian diberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian. "Tercipta suasana komunikatif pada saat kegiatan pembelajaran," ujar Ana.

Menurut Ana, model pembelajaran tersebut bermanfaat untuk melatih kesiapan peserta didik dan mereka dapat saling memberikan pengetahuan. "Harus diingat peserta didik harus dikondisikan dalam keadaan santai tetapi tetap terkendali tidak ribut, kisruh atau berbuat onar," ujarnya.

Salah seorang peserta didik Nazar Muhammad Alfawaz mengaku, kegiatan pembelajaran tersebut sangat menyenangkan. "Seluruh peserta didik dapat aktif selama proses pembelajaran berlangsung," kata siswa yang aktif sebagai personel marching band tersebut

sumber : kemenag.go.id
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement