Kamis 29 Sep 2016 06:09 WIB

Sambut Muharram, Remaja Masjid Bukittinggi Khatamkan Alquran

Peserta khataman Alquran dari komunitas ODOJ (One Day One Juz) di Masjid Agung At-Tin, Jakarta, Rabu (31/12). (Republika/Adjie Sambogo)
Peserta khataman Alquran dari komunitas ODOJ (One Day One Juz) di Masjid Agung At-Tin, Jakarta, Rabu (31/12). (Republika/Adjie Sambogo)

REPUBLIKA.CO.ID, BUKITTINGGI -- Sejumlah remaja masjid di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), akan mengkhatamkan membaca ayat suci Alquran menyambut 1 Muharram 1438 Hijriah di pelataran Jam Gadang, Sabtu(1/10).

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) setempat, M Nur di Bukittinggi, Rabu (28/9), mengungkapkan pihaknya mengundang remaja masjid di Bukittinggi dan dibagi dalam 30 kelompok, yang setiap kelompok akan menamatkan membaca satu juz Alquran.

"Menjelang terbenam matahari, mereka akan menamatkan membaca Alquran. Kami akan bentangkan tikar di pelataran Jam Gadang bagi warga yang datang untuk sama-sama memperingati 1 Muharram," ujar Nur menjelaskan.

Sebelumnya acara khataman Alquran, kata Nur, akan digelar pula rangkaian lomba bernuansa Islam yang juga diikuti para remaja masjid. "Mulai 30 September sampai 1 Oktober 2016, ada lomba nasyid dan cerdas cermat dengan materi seputar agama Islam yang dilaksanakan di MAN 1 Bukittinggi dan RRI Bukittinggi," jelasnya.

Nur menyatakan, untuk perayaan tahun baru Islam hanya akan dipusatkan di Jam Gadang. "Tidak ada kegiatan lain seperti pawai, arak-arakan atau hal lain yang mungkin menyebabkan kemacetan. Kami fokus bagaimana anak muda dapat berkumpul di satu tempat lalu mengikuti kegiatan yang bermanfaat sehingga dapat memahami makna tahun baru Hijriah," jelasnya.

Ia mengimbau warga agar turut memeriahkan kegiatan yang digelar menyambut 1 Muharram tersebut. "Bagi warga yang rumahnya jauh dari Jam Gadang, sekiranya dapat mengisi dengan kegiatan bermanfaat seperti tausiah atau pengajian di masjid-masjid sehingga paham dengan makna dari tahun baru Hijriah," tambahnya.

Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) setempat, Khamidir mengharapkan, warga kembali meramaikan peringatan hari besar Islam seperti Idul Fitri dan Idul Adha yang sebelumnya juga dilaksanakan di pelataran Jam Gadang. "Terutama anak muda, dengan keikutsertaan dalam kegiatan ini kami harap akan selalu dekat dengan ajaran agama," ujarnya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement