Selasa 27 Sep 2016 09:16 WIB

Kemenag Ajarkan Siswa RA Kota Gorontalo Prosesi Haji

Siswa  bersemangat melaksanakan peragaan manasik haji. (Ilustrasi)
Foto: Irwan Kelana/Republika
Siswa bersemangat melaksanakan peragaan manasik haji. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO -- Siswa-Siswi Raudhatul Atfal (RA) se-Kota Gorontalo mengikuti bimbingan manasik haji anak tingkat Raudhatul Atfal bertempat di Asrama Haji Provinsi Gorontalo. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama Kota Gorontalo.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Gorontalo Drs H Syaifudin Sidiki MPd MSi mengatakan, pendidikan manasik haji bagi anak, sebagai sarana edukatif dalam mengenalkan rukun Islam kelima. "Hal ini salah satu cara untuk menanamkan sejak dini nilai-nilai ketaatan kepada Allah SWT, menanamkan rasa ingin melaksanakan ibadah haji ke dalam hati anak-anak sejak kecil," ujarnya, kemarin.

Syaifudin mengatakan, pada bimbingan manasik haji cilik ini, anak-anak juga diperkenalkan mengenakan pakaian ihram, dan menjalankan urut-urutan rukun haji dengan khidmat seperti sai (lari kecil), tawaf mengelilingi Kabah, melempar jumarah, membayar dam memotong hewan kurban, hingga memotong rambut bagi laki-laki. Selanjutnya, anak-anak juga dibagi dalam beberapa (kloter).

"Pembagian kloter itu dimaksudkan untuk mengenalkan kepada anak-anak bahwa ibadah haji diikuti berbagai negara di dunia," tuturnya.

Ketua panitian bimbingan manasik anak, Elan K Arbie MPdI mengatakan, tujuan di laksanakannya kegiatan ini untuk memperkenalkan rukun Islam yang kelima kepada para siswa. Selain itu, juga untuk lebih mengoptimalkan ilmu yang telah mereka dapatkan di madrasah. "Anak-anak tidak hanya menghafal doa tetapi juga dapat mengetahui tahapan praktek ibadah haji," ujarnya.

Kegiatan ini juga dimaksudkan agar anak didik sejak usia dini sudah ditanamkan dan diperkenalkan nilai-nilai agama. Sehingga, pada diri anak-anak diharapkan tumbuh sebuah kecintaan terhadap ajaran agama dan mengharapkan agar kelak mereka mempunyai semangat serta cita-cita untuk pergi berhaji ke Baitullah saat telah dewasa nanti.

Kegiatan ini diikuti RA Annajmus Shagir Kota Utara, RA Al-Ikhlas Perwanida Sipatana, RA Sabilil Ilmi Kota Tengah dan RA Al-Maarif Kota Utara, dengan jumlah peserta 136 anak didik.

sumber : kemenag.go.id
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement