Senin 26 Sep 2016 16:34 WIB

Umat Islam Diimbau Berobat Ala Rasulullah

Rep: Rizki Suryandika/ Red: Agung Sasongko
Rasulullah
Foto: wikipedia
Rasulullah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) Abudurahman Syagaff mengimbau masyarakat Muslim mengadopsi pengobatan ala Nabi Muhammad.

"Ada banyak cara (penyembuhan ala Nabi), jadi termasuk seperti bekam, ada juga beberapa praktek ibadah yang buat sehat seperti shalat, dizikir, puasa, sedekah, itu jalan untuk sehat. Kenapa begitu? di Saudi Makkah, RS-nya sepi, ramainya cuma ketika musim haji. Karena biasanya orang sakit di Indonesia langsung ke klinik RS karena mereka percaya sama dokter. Padahal yang sembuhkan itu Allah," katanya kepada Republika.co.id, Senin (26/9).

Ia mengingatkan, jalan kesembuhan ala Nabi bisa diperoleh lewat ibadah seperti Shalat dan zikir. Ia mengakui dibutuhkan perubahan pola pikir agar masyarakat Muslim Indonesia tak lagi hanya bergantung pada kedokteran modern.

"Kalau sakit apapun shalat aja dulu dua rakaat, zikir insyaAllah sembuh, ini soal mengubah mindset, kalau itu tidak cukup ya berdoa sudah diajarkan Rasul. Kalau tidak cukup kita bekam, rukyah, herbal yang bisa menyembuhkan penyakit apapun seperti air zam zam, madu," ujarnya

Diketahui, PARMUSI menggelar pelatihan Thibbun Nabawi atau pengobatan ala Nabi jelang pelaksanaan Milad ke-17 pada 1 Oktober nanti. Pelatihan dimulai tanggal 25 hingga 30 September 2016 di Parmusi Centre, Jakarta Selatan.

Adapun praktik dari hasil pelatihan tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 1 hingga 3 Oktober 2016 di Grand Sahid Hotel, Jakarta. Pelatihan tersebut dimaksudkan untuk mengembangkan praktik kedokteran ala Nabi ke pelosok Nusantara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement