Rabu 14 Sep 2016 07:25 WIB

Muslim di Antigonish Kanada Berlebaran di Gereja Katolik

Sejumlah umat Muslim di Antigonish Kanada melaksanakan Shalat Idul Adha di dalam gereja Katolik
Foto: Istimewa
Sejumlah umat Muslim di Antigonish Kanada melaksanakan Shalat Idul Adha di dalam gereja Katolik

REPUBLIKA.CO.ID, Sejumlah umat Muslim yang ada di StFX University, Antigonish, Kanada melaksanakan Shalat Idul Adha di sebuah gereja Katolik. Gereja tersebut berada di lingkungan kampus.  

Seorang warga negara Indonesia yang sedang menjalani studi di Kampus StFX University, Anwar Razak mengatakan, ada sekitar 50 jamaah yang melaksanakan Shalat Idul Adha di dalam gereja tersebut. Mereka berasal dari Timur Tengah, Asia dan Afrika yang hadir pada perayaan hari besar Islam ini, Senin (12/9) lalu.

"Rata-rata mereka adalah mahasiswa dan dosen yang ada di universitas ini. Sebagian lagi adalah pengungsi Syiria yang tinggal di kota kecil itu," ujar Anwar kepada Republika.co.id.

Kordinator Divisi Advokasi Kinerja Keuangan Daerah Kopel Indonesia ini mengaku pertama kalinya dia melaksanakan shalat di dalam gereja. Dia mengatakan, pihak universitas memang menyediakan tempat ini khusus untuk ibadah umat Islam saat lebaran dan hari Jumat.

Menurut Anwar, gereja Katolik tersebut masih aktif digunakan. Namun pada saat Jumat tiba, gereja tersebut tidak digunakan. Sehingga ruangan gereja itu bisa dimanfaatkan warga Muslim di sana untuk melaksanakan Shalat Jumat.

Anwar menceritakan, menurut penuturan beberapa orang warga di Antigonish, mereka menghormati warga dan pendatang meskipun berbeda agama. Mereka sudah melakukan ritual keagamaan tanpa saling mengganggu, karena warga sangat paham dengan perbedaan dan pentingnya perdamaian dan penghargaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement