Kamis 01 Sep 2016 13:26 WIB

Kemenag akan Gelar Sidang Isbat Idul Adha Secara Tertutup

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Damanhuri Zuhri
sidang istbat (ilustrasi)
Foto: Republika/Darmawan
sidang istbat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat untuk menetapkan awal Dzulhijah 1437 Hijriah, Kamis (1/9) sore. Sidang dilakukan di Kantor Kementerian Agama, dan akan dimulai sekitar pukul 17.00 WIB.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama, Muhammad Thambrin mengatakan, sidang isbat akan dilaksanakan secara tertutup. Itu berarti, pelaksanaan sidang isbat Idul Adha 1437 Hijriah ini akan sama dengan penetapan Ramadhan dan Syawal 1437 Hijriah lalu.

"Sidang isbat dilakukan tertutup, dan setelahnya akan dilakukan konferensi pers hasil sidang isbat oleh Bapak Menteri Agama," kata Thambrin, seperti rilis yang diterima Republika, Kamis (1/9).

Ia menerangkan, sidang akan diawali dengan sesi prasidang berupa pemaparan posisi hilal, pada awal Dzulhijah 1437 Hijriah. Menurut Thambrin, pemaparan akan dilakukan oleh anggota tim hisab rukyat Kementerian Agama, Cecep Nurwendya, sekitar pukul 17.00.

Bakda Maghrib, sidang dilanjutkan pembukaan Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, serta laporan data hisab dan rukyatul hilal Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah. Setelah itu, lanjut Thambrin, barulah hasil sidang disampaikan secara terbuka melalui konferensi pers.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement