Senin 29 Aug 2016 12:01 WIB

Kemenag Respons Kelangkaan Ulama Perempuan

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin membuka Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Nasional di Pontianak, Kalbar, Selasa (23/8).
Foto: Antara/Jessica Helena Wuysang
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin membuka Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Nasional di Pontianak, Kalbar, Selasa (23/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama memberi perhatian khusus terhadap kelangkaan ulama perempuan di Indonesia dan berupaya untuk meningkatkan jumlahnya.

"Salah satu upaya yang dilakukan Kemenag adalah memberikan beasiswa Strata Dua (S-2) di bidang ilmu Alquran khusus bagi para calon ulama perempuan, kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Sabtu Kemarin.

"Program ini merupakan respons Kementerian Agama terhadap kelangkaan ulama perempuan sekaligus dalam rangka pengarusutamaan gender," katanya dalam Wisuda Ke-17 dan Dies Natalis IIQ Ke-39 di gedung Pesantren Takhassus Al Quran IIQ, Pamulang, Tangerang Selatan, Sabtu.

IIQ adalah satu-satunya lembaga pendidikan tinggi Islam swasta di Indonesia untuk tingkat S-1 yang secara khusus mendidik kaum perempuan dengan konsentrasi pada bidang ilmu-ilmu Al Quran, khususnya tahfiz, tafsir, rasm, dan qiraat.

Menurut Lukman, tahun ini Kementerian Agama akan memberikan beasiswa S-2 khusus bagi kaderisasi ulama perempuan yang ditempatkan di kampus IIQ Jakarta. Program S-2 ini menggunakan format kelas internasional dengan bahasa pengantar bahasa Arab.

Pada kesempatan itu Menag juga meresmikan pembukaan program doktor (S-3) Institut Ilmu Al Quran (IIQ) yang mengambil konsentrasi pada bidang kajian ilmu Al Quran, khususnya qiraat, rasm, dan tahfiz.

Pada bagian lain Menag menyatakan bersyukur saat ini minat umat Islam di Indonesia untuk belajar Al Quran semakin meningkat. Berbagai metode baru belajar Al Quran muncul yang didukung berbagai aplikasi teknologi modern, serta banyak sekali program tahfidz Al Quran.

Dalam waktu dekat Kementerian Agama akan meluncurkan Alquran digital yang akan bisa diakses dengan mudah oleh masyarakat luas karena menggunakan sarana telepon pintar yang menjadi alat komunikasi paling populer saat ini.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement