Rabu 24 Aug 2016 07:23 WIB

Ini 81 Mahasiswa Indonesia Penerima Beasiswa Tahfiz Alquran

beasiswa tahfiz alquran  buat calon pemimpin
Foto: dok.daarul quran
beasiswa tahfiz alquran buat calon pemimpin

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Guna mencetak generasi bangsa yang berjiwa kepemimpinan sekaligus berakhlaqul karimah, Program Pembibitan Penghafal Alquran (PPPA) Daarul Qur'an menghadirkan program Beasiswa Tahfidz Qur'an (BTQ) for Leader bagi putra-putri terbaik di seluruh Nusantara.

Bukan sebuah mimpi belaka jika kita berbicara tentang harapan Indonesia akan dipimpin seorang hafiz (penghafal) Alquran seperti yang Ustaz Yusuf Mansur ajarkan dan yakinkan melalui banyak tausiyahnya.

Perjuangan PPPA Daarul Qur'an ini pun direspon sangat baik oleh pelajar di seluruh pelosok negeri. Tak hanya dari pulau jawa, banyak pula peserta yang berkelahiran dan tinggal di daerah lain. Tercatat, ratusan orang mendaftarkan diri menjadi calon penerima beasiswa.

''Alhamdulillah, keseluruhan tahap telah rampung. Terdapat 81 mahasiswa terbaik dari 23 Universitas Negeri terbaik di Indonesia yang berhasil menerima BTQ for Leader,'' ungkap Program Officer PPPA Daarul Qur'an, Jaihidin Zey kepada Republika.co.id, Rabu (24/8).

 

Salah seorang peserta asal Padang, Sumatera Barat, yang berhasil lolos bernama Annisa Dzakia Ramadhina (17) tampak sangat bersemangat. Pengincar Fakultas Teknologi Pangan di Institut Pertanian Bogor (IPB) ini mengaku sangat antusias dan senang tatkala pertama kali mendengar kabar adanya BTQ ini.

"Memilih IPB karena lingkungannya yang kondusif dan terjaga. Saya pun ingin lebih mengeksplor dan melakukan penelitian tentang pangan. Selain terus berazam untuk menggenjot hafalan hingga 30 juz," ucap dara lulusan SMA Negeri 1 Sumatera Barat ini.

Benar, orientasi seleksi ini tak hanya dari kuantitas atau jumlah peserta yang lolos. Seperti yang diutarakan Program Officer PPPA Daarul Qur'an, Jaihidin Zey. Ia berkata, "kualitas, kemampuan dan kesiapan pesertalah yang menjadi titik fokus kami."

Ia menambahkan, usai pengumuman hasil akhir beberapa waktu lalu, para penerima beasiswa akan mendapatkan pembinaan secara rutin. Untuk mengawalinya, akan diselenggarakan penandatanganan akad penerima BTQ for Leader, September ini.

"Insya Allah, agenda tersebut akan terselenggara pada September bulan ini di Bogor. Tak hanya penandatanganan, tetapi diisi pula dengan pembekalan tahap awal dan akan berlangsung sepanjang mereka menerima BTQ for Leader," jelas Jaihidin.

Amanah yang diemban para mahasiswa penerima beasiswa tahfiz alquran nanti sangat luar biasa. Mereka akan menempa ilmu akademik, sekaligus agama di perguruan tinggi negeri ternama di seluruh Indonesia.

Jaihidin percaya, seluruh peserta yang tengah menjalani seleksi ini adalah orang-orang terpilih. ''Insya Allah mereka akan menjadi saksi kebesaran bangsa Indonesia dan tentunya kebesaran Islam,'' jelas Jaihidin menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement