Ahad 21 Aug 2016 04:00 WIB

Da'i Perlu Diberi Motivasi

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Angga Indrawan
Ahmad Satori Ismail, Ketua Ikatan dai Indonesia
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Ahmad Satori Ismail, Ketua Ikatan dai Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para da'i menghadapi tantangan cukup berat di tengah permasalahan lingkungan yang kompleks. Dalam melakukan kegiatan berdakwah, para da'i dituntut agar bisa diterima masyarakat.

Ketua Ikatan Dai Indonesia (IKADI), KH Ahmad Satori Ismail mengatakan, yang perlu dilakukan terlebih dahulu yaitu memberikan motivasi kepada para da'i. Mereka perlu diberikan semangat supaya mau menyelamatkan umat dan bangsa.

"Menyelamatkan rakyat dari kemaksiatan, hal yang kurang bermanfaat, dari aktifitas yang menghabiskan waktu. Itu perlu disadarkan sebagai motivasi," ujar Satori kepada Republika, Sabtu (20/8).

Sebab, Satori menilai, penyakit saat ini adalah hura-hura. Termasuk tenggelam dalam kemaksiatan dan hal yang tidak bermanfaat. Kemudian, da'i juga perlu diberikan motivasi agar mau menjadi pemersatu umat. Sehingga kelompok yang ada di Indonesia bisa dipersatukan.

Pasalnya, kata Satori, perpecahan merupakan tantangan nyata yang ada dimasyarakat akibat karena sentimen kelompok. Termasuk para da'i perlu didorong menjadi motivator ekonomi. Banyak umat yang mudah dibeli karena ekonominya yang tidak kuat. Hal seperti ini dinilai oleh Satori sangat membahayakan.

"Membunuh kefakiran harus diutamakan daripada kekufuran. Kita disuruh merasa cukup oleh Allah," kata Satori. Menurut Satori, yang memiliki peran penting untuk memotivasi para da'i yaitu ormas. Apalagi para ormas memiliki jangkauan sampai ke daerah. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement