Kamis 28 Jul 2016 15:27 WIB

MTQ Nasional Ajang Bumikan Alquran

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Agung Sasongko
Alquran
Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-26 yang diselenggarakan di provinsi NTB 28 Juli-7 Agustus diharapkan mampu membumikan Alquran melalui syiar dan dakwah.

"Kita kembali pada tujuan dan makna kegiatan MTQ, sementara masalah prestasi bukan yang utama. Tapi yang utama adalah syiar dan dakwah tentang bagaimana kita membumikan Al-Quran sehingga bisa dijaring, dipahami dan dilaksanakan oleh masyarakat kita," ujar

Makmur Rizal, Wakil Sekretaris LPTQ Jawa Barat (28/7).

Menurutnya, penyelenggaraan MTQN saat ini di Provinsi NTB mengadopsi konsep MTQ ditingkat provinsi Jawa Barat yang melakukan verifikasi dengan transparan. Sehingga kegiatan saat ini lebih terlihat transparan serta tingkat kejujuran yang lebih baik dibandingkan dari penyelenggaraan sebelumnya.

Ia menuturkan, kafilah provinsi Jawa Barat yang ikut MTQN mencapai 107 orang, dengan jumlah peserta mencapai 44 orang. Sementara itu, cabang lomba dan golongan seluruhnya diikuti semua. "Kita siapkan semuanya," katanya.

Makmur mengatakan target maksimal yang ingin diperoleh dalam ajang MTQN yaitu juara umum. Namun, target minimal yaitu tidak berubah dari peringkat lalu yaitu peringkat tiga. "Mudah-mudahan kita bisa lebih baik tahun ini," ungkapnya.

Perwakilan Kafilah Provinsi Maluku Utara, Muzaiz Walanda mengaku penyelenggaraan MTQN di NTB saat ini lebih ketat. Sehingga diharapkan kegiatan dilaksanakan dengan lebih jujur.

"Peserta dari Maluku Utara sebanyak 21 orang untuk ikut lima cabang lomba. Peserta dari Maluku Utara semua asli daerah," katanya. Menurutnya, provinsi Maluku Utara memiliki target dalam MTQN Nasional yaitu di cabang lomba Tilawah dan Khath  Al-Quran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement