Senin 25 Jul 2016 19:45 WIB

Persatuan Umat Islam Butuh Peran Ulama

Rep: Retno Wulandari/ Red: Agung Sasongko
Umat Islam
Umat Islam

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Dosen Kajian Islam di Prince of Sangkla University, Thailand Selatan, Ali Samoh, saat menghadiri acara Pertemuan Dai dan Ulama Asia Tenggara di Bogor mengatakan, peran ulama sangat dibutuhkan untuk mempersatukan umat Islam. Apalagi, umat Islam saat ini dalam kondisi yang sangat lemah.

"Sesungguhnya ulama memiliki peran yang sangat penting, jika ulama baik insyaallah masyarakat juga baik," kata Ali kepada Republika.co.id, Senin (25/7).

Di Thailand sendiri, Ali mengungkapkan, para ulama sudah mulai mempersatukan umat Islam dengan mengusung konsep Islam wasatiyyah. Menurut Ali, konsep Islam wasatiyyah perlu disebarluaskan karena mahzab ini berasal dari Alquran dan Hadis.

Dalam mengampanyekan konsep Islam Wasatiyyah, Ali menjelaskan, pihaknya telah membuat kajian-kajian Islam dan membagikan buku-buku yang menerangkan tentang Islam wasatiyyah secara gratis. Bahkan, Thailand sudah mempunyai sejumlah pusat kajian Islam wasatiyyah seperti di Prince of Songklah University.

Ali mengaku konsep Islam Wasatiyyah sendiri sangat membantu umat Islam Thailand dalam hidup berdampingan dengan sesama Muslim maupun non Muslim.

ri

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement