Senin 25 Jul 2016 00:04 WIB

Jadikan Doa Sebagai Solusi

KH Mudzakkir M Arif Lc MA.
Foto: Irwan Kelana/Republika
KH Mudzakkir M Arif Lc MA.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Semua solusi ada di tangan Allah. “Meminta solusi kepada Allah merupakan  ibadah yang disenangi oleh Allah. Sebagai Muslim, kita harus selalu berlatih menggunakan doa untuk berbagai hajat kehidupan kita,” ujar Pimpinan Pondok Pesantren Darul Istiqamah Bulukumba, Sulawesi Selatan, KH Mudzakkir M Arif  Lc MA, Ahad (24/7/2016).

Mudzakkir menambahkan, agar permohonan solusi itu dikabulkan oleh Allah, ada syaratnya.  “Salah satu syaratnya adalah kesucian dari pekerjaan haram, uang haram, makanan haram, minuman haram, dan pakaian haram,” tuturnya.

Mudzakkir juga menyebutkan beberapa adab berdoa. “Adab-adab tersebut antara lain shalat yang khusyu' sebelum berdoa, mengangkat kedua tangan ketika berdoa, memulai doa dengan pujian kepada Allah dan shalawat untuk Rasulullah SAW, memperpanjang doa dengan penuh kesungguhan dan harapan, serta menutup doa dengan shalawat dan bersedekah setelah berdoa,” paparnya.

Mudzakkir menambahkan, ada beberapa waktu tertentu di mana doa mustajabah “Memperpanjang doa pada sepertiga malam yang terakhir, antara adzan dan iqamah, ketika hujan, ketika dalam perjalanan jauh, itulah upaya untuk memanfaatkan waktu waktu mustajab,” ujar KH Mudzakkir M Arif Lc MA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement