Jumat 22 Jul 2016 09:55 WIB

Lima Orang yang tidak Boleh Diremehkan

Suasana pengajian guru dan karyawan Sekolah Bosowa Bina Insani (SBBI) di Masjid Al-Ikhlas Bosowa Bina Insani, Bogor, Jawa Barat, Jumat (22/7/2016).
Foto: Irwan Kelana/Republika
Suasana pengajian guru dan karyawan Sekolah Bosowa Bina Insani (SBBI) di Masjid Al-Ikhlas Bosowa Bina Insani, Bogor, Jawa Barat, Jumat (22/7/2016).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Islam memberikan tuntunan hidup yang sangat detil agar kaum Muslimin menjadi orang-orang yang beruntung di dunia maupun akhirat. Terkait hal tersebut, Islam pun mengingatkan beberapa hal yang harus dihindari oleh kaum Muslimin, agar hidup mereka tidak merugi, di dunia maupun akhirat.

“Banyak hadits Rasulullah SAW yang mengingatkan kaum Muslimin agar menghindarkan diri dari beberapa hal yang bisa merugikan diri sendiri,” kata Ustadz Muhajir Affandi saat mengisi pengajian mingguan guru dan karyawan Sekolah Bosowa Bina Insani (SBBI) di Masjid Al-Ikhlas Bosowa Bina Insani Bogor, Jawa Barat, Jumat (22/7/2016) pagi.

Muhajir yang juga dosen Universitas Ibnu Khaldun (UIKA) Bogor, Jawa Barat, lalu mengutip salah satu hadits Rasulullah SAW. “Dalam salah satu haditsnya, Rasulullah SAW menegaskan ada lima orang yang tidak boleh diremehkan. Kalau kita meremehkan mereka, maka kita akan merugi,” ujar Muhajir seraya mengutip dan mengupas hadits Rasulullah SAW tersebut.

 

Kelima orang yang tidak boleh diremehkan tersebut adalah ulama, pemimpin, tetangga, kerabat dan istri. “Intinya, siapa pun orang yang kita jumpai atau hadapi harus kita hormati, apalagi mereka yang termasuk lima orang yang ditegaskan dalam hadits Rasulullah SAW tersebut. Kita tidak boleh meremehkan siapa pun, sebab boleh jadi orang tersebut lebih mulia di sisi Allah daripada kita,” papar Muhajir.

Muhajir juga mengajak para jamaah agar mau menjadi Muslim yang selalu suka belajar. “Mari kita menjadi Muslim pembelajar. Kita belajar kepada siapapun yang kita temui,” tutur Muhajir Affandi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement