Kamis 07 Jul 2016 02:32 WIB

Warga Mukomuko Lakukan Tradisi Ziarah Kubur

ziarah kubur
Foto: Republika/Edi Yusuf
ziarah kubur

REPUBLIKA.CO.ID, MUKOMUKO -- Ribuan warga Kecamatan Ipuh, Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, hari pertama lebaran Idul Fitri 1437 Hijriah kembali memadati tempat pemakaman umum (TPU) untuk melakukan tradisi ziarah kubur.

Berdasarkan pantauan di tempat pemakaman umum (TPU) di Desa Pasar Ipuh, Kecamatan Ipuh, Rabu, peziarah itu merupakan warga setempat yang tinggal di wilayah Ipuh, Kabupaten Mukomuko.

Salah seorang peziarah, Beni mengungkapkan, kedatangan ke TPU untuk berziarah ke kuburan beberapa keluarganya yang telah meninggal dunia. "Kami mau ke kuburan nenek dan dan kakek kami. Dan mendoakan mereka," ujarnya.

Beni mengatakan, tidak hanya dirinya yang menetap di wilayah itu, termasuk keluarganya yang sudah lama di perantauan setiap hari pertama Lebaran yang didatangi setelah shalat Ied adalah kuburan keluarganya. "Setelah dari kuburan, baru kami datang ke keluarga lainnya untuk bersilahturahmi," ujarnya lagi.

 

Sedangkan menurut Abadi, warga Desa Medan Jaya, ziarah atau mengunjungi kuburan keluarga yang telah terlebih dahulu meninggal dunia merupakan kebiasaan warga setempat pada hari pertama Idul Fitri. "Biasanya mereka datang berombongan. Peziarah tidak hanya berdoa di kuburan tetapi sekedar datang dan membersihkan kuburan keluarganya," ujarnya.

Menurut Abadi, warga yang berziarah tak hanya pada pagi hari tetapi bisa sore hari di saat suasana sepi. "Kami datang sore hari. Karena saat itu sepi sehingga lebih khusuk berdoa," ujar Abadi menambahkan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement