Sabtu 02 Jul 2016 03:03 WIB

APP Suplai Kertas untuk Alquran ke Seluruh Dunia

Rep: Amri Amrullah/ Red: Ani Nursalikah
Alquran/ilustrasi
Alquran/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah sukses dengan program wakaf Alquran, Asia Pulp & Paper (APP), perusahaan yang menjadi bagian dari Sinar Mas, terutama produsen kertas PT Indah Kiat menyasar pasar kertas Alquran luar negeri.

Direktur APP Sinar Mas Suhendra Wiriadinata mengatakan sejak 2005, PT Indah Kiat, APP tertantang menciptakan kertas cetak berteknologi tinggi. Dari situlah lahir kertas yang dikenal Sinar Tech atau Quran Paper, yang kemudian menjadi pelopor pencetakan Alquran oleh APP.

Dari kertas itu, sejak 2008 Sinar Mas APP membuat program wakaf mushaf Alquran, untuk memenuhi kebutuhan umat Islam di Indonesia. Ternyata sambutannya luar biasa.

"Kini kita juga mengekspor khususnya ke negara-negara yang menjadi rujukan pusat-pusat percetakan Alquran seluruh dunia, seperti Arab Saudi, Turki, Iran dan Kuwait," ujar dia, Jumat (1/7).

Ia mengungkapkan sejak pertama kali kertas Quran dibuat, ternyata kertas ini sangat layak, dan berkualitas untuk kitab suci Alquran. Kertas tersebut tidak tipis, tinta tidak meluber, dan tidak tembus serta tidak menyilaukan mata pembacanya.

Alquran yang dicetak dari kertas tersebut, ia klaim merupakan salah satu produk Alquran terbaik. Kini sewindu program wakaf Alquran setidaknya APP telah konsisten mewakafkan 100 ribu mushaf Alquran ke seluruh pelosok tanah air setiap tahun.

Tidak hanya itu, Suhendra mengungkapkan dalam dua tahun terakhir kini APP telah fokus program wakaf produk lain dari cetakan Alquran, yakni 20 ribu buku belajar membaca Alquran Juz Amma dan 200 Alquran Braile setiap tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement