Senin 30 May 2016 07:59 WIB

Menjamurnya Restoran Halal di Thailand

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Damanhuri Zuhri
Restoran halal (ilustrasi).
Foto: traveltextonline.com
Restoran halal (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menemukan makanan halal jadi masalah utama yang kerap dihadapi wisatawan Muslim ketika melancong ke negara-negara minoritas Muslim. Namun jika Thailand yang menjadi destinasi wisata, rasa-rasanya hal itu tak lagi jadi masalah.

Meski merupakan negeri dengan mayoritas penduduk beragama Buddha, Negeri Gajah Putih menyediakan cukup banyak tempat makan atau restoran bersertifikat halal. Beberapa di antara tempat makan itu berada di ibu kota negara ini, Bangkok.

Adalah Chatuchak, salah satu kawasan di Bangkok yang memiliki beberapa tempat makan halal, seperti Hawa Pochana dan Saman Islamic Food. Restoran halal lainnya adalah Maedah Restaurant yang berada di kawasan Pratunam. Pelancong Muslim di Bangkok juga banyak yang memilih bersantap di Restoran Al Hilal.

Tak hanya di Bangkok, restoran halal lainnya tersebar di sejumlah kota seperti Chiang Mai, Pattaya, Phuket, Krabi, dan Hat Yai. ''Perkembangan restoran halal di Thailand sudah dirintis sejak lima tahun yang lalu,'' kata Manajer Pemasaran Badan Pariwisata Thailand (TAT) di Jakarta, Indra Nugraha, Rabu (25/5).

Ia menjelaskan, proses untuk mendapatkan sertifikat halal ini awalnya tidak mudah. Hal itu karena tidak mudah memperoleh bahan makanan yang memenuhi standar halal di negara yang sebagian besar penduduknya menganut agama Buddha.

Namun, hal itu tak menyurutkan semangat TAT untuk mendorong para pelaku usaha kuliner di negara ini untuk memperoleh sertifikat halal. Apalagi Pemerintah Thailand menyadari benar akan besarnya potensi keuntungan dari industri halal. Maka, tak heran jika kini restoran halal cukup mudah ditemukan di Negeri Gajah Putih.

Saat ini, sertifikasi halal di Thailand dilakukan oleh Halal Standard Institute of Thailand di bawah naungan Central Islamic Committee. Biasanya, ketika sertifikasi halal dilakukan, pengusaha akan memasang logo halal di restoran atau hotel. Hal yang sama juga diterapkan pada makanan dalam kemasan yang dijual di pasar modern.

''Keberadaan restoran dan hotel halal ini sebagai bagian dari upaya mewujudkan Thailand sebagai destinasi yang menyenangkan bagi wisatawan Muslim,'' ungkap Indra Nugraha menjelaskan.

Data dari TAT menyebutkan, jumlah penduduk Muslim di Thailand saat ini mencapai sekitar 14 persen dari total populasi negeri itu. Di negara ini juga terdapat sekitar 3.600 masjid. Sedangkan di Bangkok, tepatnya di kawasan Ram Kham Haeng terdapat Islamic Center.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement