Senin 30 May 2016 04:52 WIB

Warga Gelar Kambungu Beresi di Masjid

 Pekerja membersihkan lantai masjid sebagai persiapan menjelang bulan suci Ramadhan. Ilustrasi (Republika)
Pekerja membersihkan lantai masjid sebagai persiapan menjelang bulan suci Ramadhan. Ilustrasi (Republika)

REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO -- Sejumlah warga di Kelurahan Pentadio Barat, Kabupaten Gorontalo menggelar kegiatan bersih kampung atau kambungu beresi, dengan membersihkan dan menghijaukan Masjid Al Hikmah.

Koordinator Gerakan Kambungu Beresi, Dahlan Usman di Gorontalo, mengatakan kegiatan kali ini mengajak masyarakat membersihkan masjid dan menanam pohon di lingkungan tempat ibadah menjelang bulan Ramadhan.

"Ini persiapan menjelang bulan Ramadhan sehingga sasarannya adalah masjid. Selama bulan puasa gerakan ini akan tetap digelar setiap hari Minggu dari masjid ke masjid," ujarnya, Ahad (29/5).

Selain bersih-bersih, warga juga menanam pohon polohungo dan luhuta yang dikenal sebagai tanaman adat Gorontalo.

 

Menurut dia pohon-pohon tersebut sangat bermanfaat ketika ada kegiatan budaya dan religius di Gorontalo.

Gerakan Beresi Kambungu merupakan inisiasi jamaah Masjid Baiturahman Limboto, sebagai langkah awal untuk mencegah DBD meluas setelah Kementerian Kesehatan menetapkan Provinsi Gorontalo dalam status Kejadian Luar Biasa (KLB) beberapa bulan lalu.

Aksi bersih-bersih kampung itu melibatkan warga setempat, mahasiswa, komunitas warung kopi hingga aparat kecamatan dan kelurahan. "Warga datang bawa peralatan dan konsumsi sendiri. Kami hanya menginisiasi gerakan, warga yang berperan dan terjun dalam setiap kegiatan," tambahnya.

Gerakan tersebut digelar seminggu sekali dan bergilir dari satu desa ke desa lainnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement