Senin 30 May 2016 00:12 WIB

Kemenag Imbau Calon Jamaah Haji Antisipasi Cuaca Panas yang Ekstrem

Makkah, menjadi pusaran jamaah haji seluruh dunia.
Foto: Reuters
Makkah, menjadi pusaran jamaah haji seluruh dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO -- Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag), Abdul Jamil meminta calon jamaah haji tahun 2016 mengantisipasi musim panas di Arab Saudi.

"Tahun sekarang yang diantisipasi adalah cuaca panas, bisa mencapai lebih dari 50 derajat celsius. Dibanding tahun lalu, waktu haji sekarang maju 10 hari jadi semakin ke sini semakin panas," katanya di Gorontalo, Ahad (29/5).

Ia meminta para jamaah membawa semprotan air atau water spray, untuk menjaga kelembaban tubuh saat terpapar sinar matahari. "Terutama saat berada di Mina dan Arafah. Jangan lupa juga untuk sering minum air putih menghindari dehidrasi," imbuhnya.

Pada tahun ini pemerintah Arab Saudi memberikan kuota haji untuk Indonesia sebanyak 168.800 orang, yang dibagi dua yakni 155.200 jamaah untuk haji reguler dan 13.600 jamaah untuk haji khusus. "Kementerian Agama hanya mengorganisir yang haji reguler. Sekarang tahap persiapannya masuk dalam pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibada Haji oleh jamaah," ujarnya.

 

Menurutnya jamaah yang melunasi merupakan yang sudah terdaftar dan masuk dalam quota haji tahun 2016, serta sudah diumumkan ke masyarakat. Pelunasan tahap satu dijadwalkan tanggal 19 Mei -10 Juni 2016.

Pelunasan tahap dua dimulai tanggal 20-30 Juni 2016. Pada tahap ini memberikan kesempatan penggabungan keluarga calon haji yang terpisah misalnya suami istri, orang lanjut usia, jamaah yang sebelumnya sudah berhaji dan pendamping.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement