Kamis 05 May 2016 13:42 WIB
Moro, Kisah Minoritas Muslim di Tengah 'Negeri Katolik' (1)

Moro, Muslim Filipina Riwayatmu Ini

Rutinitas Muslim Filipina
Foto: Reuters
Rutinitas Muslim Filipina

Orang Islam merupakan komunitas agama terbesar kedua di Filipina, sebuah negara dengan dominasi Katolik. Sensus 1975 menyatakan penduduk Islam di sana mencapai  7 persen atau tiga juta orang. Orang mengenal  mereka dengan menyebutnya ‘dengan gebyah uyah’ sebagai orang Moro (orang Eropa awalnya menyebut Moro sebagai panggilan pejoratif sebagai istilah orang dari selatan/Muslim).

Sedangkan, jumlah umat Islam di Filipina sekarang  sebanyak 12 juta jiwa atau 12 persen dari populasi penduduk Filipina. Tapi ada data lain ada yang mengatakan populasi umat Islam di sana hanya  5 persen saja.

Filipina berada di urutan ke-12 di dunia dalam jumlah penduduk dengan jumlah 86,241,697 jiwa pada 2005, dan Filipina mempunyai kira-kira 92,2 juta penduduk menurut perkiraan sensus 2009.

Dari data buku Islam di Filipina (Caesar A Majul, 1989), orang  Islam di Filipina dapat diklasifikasikan menurut 12 kelompok etno-lingustik.  Kedua belas kelompok itu belum termasuk Badjao dam Samal yang dikenal sebagai orang Islam. Atau  juga belum termasuk orang Islam yang tinggal di kalangan Subanom di Zamboanga, kelompok Bukindon di Bukindon, atau kelompok Islam baru di Manila dan Luzon yang berasal dari Mindano dan Zulu yang telah berimigrasi ke Manila dan sekitarnya.

Kedua belas kelompok Islam di Filipina itu adalah Maguindanao, Marano dan Iranun, tausug, Samal, Yakan, Jama Mapun, Kelompok-Kelompok Palawan (Palwani dan Mobog), Kalagan, Kolibugan, dan Sangil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement