Rabu 04 May 2016 20:03 WIB

Kunjungi Medan, Tim Ekspedisi Islam Nusantara Kagumi Kebinekaan dan Toleransi Warga

Ruang dalam Istana Maimun yang merupakan salah satu ikon Kota Medan, Sumatera Utara, Kamis (28/4).Republika/Rakhmawaty La'lang
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Ruang dalam Istana Maimun yang merupakan salah satu ikon Kota Medan, Sumatera Utara, Kamis (28/4).Republika/Rakhmawaty La'lang

REPUBLIKA.CO.ID,MEDAN -- Tim Ekspedisi Rekam Jejak Islam Nusantara Nahdlatul Ulama mengunjungi Kota Medan untuk melihat berbagai peninggalan jejak-jejak kebesaran Islam di ibu kota Provinsi Sumatra Utara itu.

Ketua Tim Ekspedisi Rekam Jejak Islam Nusantara Imam Fitrudu, di Medan, Rabu (5/4), mengatakan, Kota Medan mendapat perhatian khusus karena di kota itu banyak meninggalkan jejak-jejak kebesaran Islam masa lalu yang sampai sekarang masih bisa dilihat dan terpelihara dengan baik.

Selain itu, sikap kebinekaan, keberagaman, dan toleransi beragama di Kota Medan menjadi contoh konkret terhadap perjalanan rekam jejak Islam Nusantara ini. Kota Medan, kata dia, sebagai kota ketiga yang ditelusuri di luar Pulau Jawa setelah Banda Aceh dan Aceh Besar.

Pihaknya berencana berada di Kota Medan selama empat hari dan akan mengunjungi sejumlah tempat seperti ke Masjid Al Osmani Medan Deli, Istana Maimun, Masjid Raya Al Mashun, gedung Museum Sumut, dan ziarah ke makam Kesultanan Deli. "Kami juga akan melakukan ceramah tentang deradikalisasi dan antinarkoba di SMA Negeri 4 Medan,” kata dia.

Sementara, Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution mengatakan, Kota Medan banyak memiliki peninggalan sejarah tentang Islam, baik berupa gedung atau budaya. Contohnya di Masjid Raya Al Osmani di Medan Deli yang dibangun pada 1854, Masjid Lama Gang Bengkok di Kesawan, Masjid Raya Al Mashun, Istana Maimun, dan Taman Sri Deli.

"Pemkot Medan memberikan apresiasi atas kunjungan tim ekspedisi. Kami berharap dengan adanya ekspedisi ini kerukunan dan kedamaian di Kota Medan akan lebih meningkat, masyarakat semakin tercerahkan akan pentingnya kebersamaan, saling menghomati, dan saling menghargai antarsesama," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement