Rabu 04 May 2016 18:32 WIB

Tokoh Islam Keliling AS Kampanye Islam Rahmatan Lil Alamin

Imam Shamsi Ali (berkaca mata) dan Ustazah Fauziah Fauzan (Berjilbab)
Foto: ist
Imam Shamsi Ali (berkaca mata) dan Ustazah Fauziah Fauzan (Berjilbab)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Dalam beberapa hari terakhir,  dua tokoh Islam Indonesia, Imam Shamsi Ali dan Ustazah Fauziah Fauzan berkeliling di beberapa kota AS untuk mengampanyekan Islam yang damai. Islam yang berkarakter wasathiyah atau moderat sekaligus berkarakter Indonesia, ramah, berkemajuan, menjunjung demokrasi dan HAM. 

Kegiatan ini disponsori oleh Kedutaan RI di Washington DC, dan menjadi bagian dari program pemerintah dalam membangun "second track diplomacy". 

Kedua tokoh Indonesia tersebut telah berkeliling Michigan, Washington DC, New York dan Florida. Berbagai kegiatan dilakukan antara lain menyampaikan presentasi Islam moderat ke berbagai institusi Think tank, seperti CSIS, USINDO, University of Michigan, dan lain-lain. Juga mengadakan rangkaiaan pertemuan dengan beberapa anggota kongress AS. Imam Shamsi Ali juga menjadi khatib sholat Jumat di Capitol Hill (gedung kongress) pada pekan lalu. 

Menurut siaran pers yang dikirimkan kepada Republika.co.id, di Jakarta, tujuan utama dari peogram ini adalah menyampaikan bahwa walau Islam adalah agama universal, Islam yang dipraktikkan di Indonesia memiliki karakter sosial budaya yang khas. Selain itu Indonesia memiliki kredibilitas yang tinggi untuk berada di garda depan untuk menyampaikan Islam yang moderat. 

Kedua tokoh yang mewakili Indonesia kali ini juga punya kredibilitas tinggi. Imam Shamsi Ali adalah seorang Imam yang disegani di AS. Dikenal aktif dalam membangun hubungan antar agama serta dekat dengan para pejabat AS. 

Ustazah Fauziah adalah seorang pendidik, pimpinan pondok pesantren Putri Diniyah Padang Panjang. Dubes RI untuk Indonesia, Budi Bowoleksono, sangat menghargai dedikasi kedua tokoh Islam Indonesia itu. Dan meminta agar keduanya memikirkan program-program tindak lanjut dari kegiatan ini.

sumber : Siaran Pers
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement