Kamis 10 Mar 2016 05:50 WIB

Gerhana Matahari, Tanda Kebesaran Allah SWT

Rep: c38/ Red: Damanhuri Zuhri
Penampakan Gerhana matahari total dilihat di Observatorium Bosscha, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (9/3).
Foto: Republika/Edi yusuf
Penampakan Gerhana matahari total dilihat di Observatorium Bosscha, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (9/3).

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Gerhana Matahari Total (GMT) yang melintasi beberapa kota di Indonesia tak hanya menarik perhatian kalangan ilmuwan, tapi juga ulama. Ketua Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama Kota Bekasi, Jawa Barat, KH Zamakhsyari Abdul Majid, berpandangan GMT paling tidak memiliki lima hikmah.

"Setinggi apapun makhluk, sehebat apapun ilmu, jabatan, dan kekuasaan manusia, akhirnya harus patuh pada ketentuan Allah. Jangan sombong akan ketinggian yang ada pada kita. Matahari tinggi di atas sana, tapi tetap patuh dan taat kepada Allah," kata Kiai Zamakhsyari, di Bekasi, Rabu (9/3).

Kiai Zamakhsyari mengungkapkan, gerhana matahari merupakan tanda kebesaran Allah SWT. Matahari dan bulan beredar sesuai Sunnatullah. Fenomena alam itu menunjukkan, matahari dan bulan adalah makhluk ciptaan Tuhan, bukan yang layak disembah sebagaimana pandangan beberapa kaum.

Menurut Kiai Zamakhsyari, gerhana matahari juga mengingatkan manusia akan banyaknya dosa yang telah dia lakukan. Nabi Muhammad SAW menganjurkan kaum Muslim untuk bergegas ke masjid menunaikan shalat dan memperbanyak istighfar saat terjadi gerhana. Ketika gerhana, umat diminta banyak bertobat dan memohon ampun.

Dengan adanya gerhana matahari, lanjut Ketua PCNU Kota Bekasi, manusia tersadarkan bahwa Allah-lah yang menggerakkan semua makhluk. Matahari dan bulan mencapai posisi gerhana atas kekuasaan Allah. Begitu pula, semua yang terjadi dalam kehidupan manusia digerakkan oleh Allah.

Menurut dia, fenomena alam ini mengajarkan manusia untuk banyak bersyukur dan bersujud. "Setiap ada kejadian dahsyat yang mengejutkan, kita kembalikan itu adalah kekuasaan Allah dengan mengucapkan tasbih dan banyak bersujud karena sujud adalah manifestasi syukur kepada Allah," ujar Kiai Zamakhsyari menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement