Kamis 11 Feb 2016 14:13 WIB

Umat Islam Berkontribusi Memelihara Kerukunan Umat Beragama

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Damanhuri Zuhri
Wakil Sekretaris Jendral Majelis Ulama Indonesia (MUI), Tengku Zulkarnain
Foto: ROL/Fian Firatmaja
Wakil Sekretaris Jendral Majelis Ulama Indonesia (MUI), Tengku Zulkarnain

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tengku Zulkarnain menilai kerukunan umat beragama di Indonesia sudah sangat baik. Melihat, masyarakat Indonesia hidup di negara kepulauan dengan lima agama yang diakui.

Menurut Tengku, umat Islam memberikan kontribusi yang cukup besar dalam terciptanya kerukunan beragama di Indonesia. Meskipun, umat Islam sebagai agama mayoritas kerap menjadi bulan-bulanan pelecehan agama.

"Kerukunan umat beragama di Indonesia sudah berlangsung dengan baik karena umat Islam menahan diri," ungkap Tengku Zulkarnain kepada Republika, Kamis (11/2).

Selain itu, Tengku menambahkan, kerukunan umat beragama tercipta karena masyarakat taat hukum. Meskipun, lanjutnya, hukum selalu hadir terlambat ketika terjadi banyak penghinaan dan pelecehan simbol agama seperti yang marak terjadi akhir-akhir ini.

Tengku melihat pelecehan agama yang sering terjadi beberapa waktu lalu disebabkan karena oknum maupun kelompok-kelompok anti Islam sudah banyak di Indonesia.

Untuk itu, Tengku mengimbau pemerintah dan aparat penegak hukum agar dapat menindak tegas para pelaku pelecehan agama agar kerukunan umat beragama Indonesia tetap terjaga dengan baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement