Kamis 11 Feb 2016 06:41 WIB

ICMI: Radikalisme Paling Tepat Dihadapi dengan Pendekatan Edukasi

Rep: C25/ Red: Bayu Hermawan
 Mantan Menteri Pendidikan Muhammad Nuh
Foto: Republika/ Wihdan
Mantan Menteri Pendidikan Muhammad Nuh

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penanganan gerakan-gerakan radikalisme memang wajib dipikirkan dengan seksama. Langkah-langkah tepat harus menjadi pilihan demi mencegah kemunculan radikalisme di masa depan.

Wakil Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI), Muhammad Nuh, menilai paham-paham radikalisme berasal dari konsep berpikir.

Maka dari itu, ia menilai penanganan dan langkah yang paling tepat untuk menghadapi radikalisme adalah dengan pendekatan edukasi.

"Radikalisme itu konsep berpikir, pendekatan edukasi yang paling tepat," kata M. Nuh.

Ia mengibaratkan gerakan-gerakan radikalisme layaknya sebuah cekungan dalam sebuah kurva, yang memiliki sisi kanan dan kiri.

Cekungan yang merupakan radikalisme tersebut, lanjut M. Nuh, tentu dapat semakin membesar dan terjadi sebuah kesetaraan dengan bagian kiri dan kanan.

Dengan begitu, M. Nuh menegaskan kalau paham-paham radikal yang kecil itu memang tidak bisa dibiarkan, dan mempengaruhi masyarakat yang menjadi bagian besar.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut mengingatkan, konflik besar adalah kemungkinan yang terjadi apabila radikalisme dibiarkan berkembang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement