Kamis 26 Nov 2015 07:05 WIB

MTQ, Ajang Syiar Islam Sukabumi

Rep: Riga Iman/ Red: Indah Wulandari
Salah satu peserta MTQ saat membaca ayat suci Alquran (ilustrasi).
Foto: kemenag.go.id
Salah satu peserta MTQ saat membaca ayat suci Alquran (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI--Beragam cara untuk melakukan dakwah dan syiar Islam. Salah satunya dengan menggelar kegiatan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) yang rutin digelar setiap tahunnya di berbagai daerah.

‘’Tahun ini tema yang kita angkat,  yakni melalui MTQ kita tingkatkan pemahaman dan pengamalan isi kandungan Alquran menuju Kota Sukabumi rahmatan lil’alamin,’’ terang  Ketua Harian Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Sukabumi Kostaman, Kamis (26/11).

MTQ menjadi menjadi sarana untuk meningkatkan pemahaman dan pengamalan seni baca tulis Alquran dalam kehidupan sehari-hari. Melalui MTQ, ujar Kostaman, tergali potensi masyarakat di bidang seni, baca dan tulis Alquran.

Sekaligus akan menghasilkan para juara yang akan mewakili Sukabumi di tingkat provinsi. Rencananya, MTQ tingkat Provinsi Jabar dilaksanakan pada April 2016 mendatang di Kota Tasikmalaya.

 

Sukabumi dikenal  mengukir prestasi di ajang lomba kaligrafi dan tafsir Alquran. Sehingga, Wali Kota Sukabumi Mohamad Muraz menilai tema kegiatan MTQ kali ini sejalan dengan visi misi Pemkot Sukabumi yang berupaya mewujudkan pemerintahan rahmatan lil’alamin.

Di sisi lain, ujar Muraz, MTQ mempunyai peran penting dalam rangka syiar Islam. Kegiatan ini juga harus mendorong peningkatan keimanan dan ketakwaan umat Islam.

Ketua Dewan Juri Musabaqoh Menulis Ilmiah AlQuran (MMIQ) Ahmad Dzaki berharap, kegiatan MTQ khususnya MMIQ dapat lebih semarak dibandingkan tahun sebelumnya.

‘’Animo pelajar dan mahasiswa untuk menulis ilmiah Alquran harus terus didorong,’’ cetus dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement