Kamis 15 Oct 2015 08:28 WIB

Puluhan Pemuda Sukabumi Belajar Kaligrafi Aksara Sunda

Rep: Riga Iman/ Red: Agung Sasongko
Aksara Sunda
Foto: sundawiwitan
Aksara Sunda

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI -- Puluhan pemuda yang berasal dari sejumlah Kota/Kabupaten di Jawa Barat dilatih kaligrafi aksara sunda. Mereka digembleng selama empat hari di Kota Sukabumi.

Data Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat menyebutkan, jumlah pemuda yang dilatih kaligrafi aksara sunda mencapai sebanyak 40 orang. ‘’ Mereka berasal dari sejumlah daerah seperti Cianjur, Cimahi, Bandung, dan Sukabumi,’’ ujar Kepala Disparbud Provinsi Jawa Barat, Nunung Sobari kepada wartawan di Sukabumi Selasa (13/10).

Pelatihan ini dilakukan di Hotel Anugerah Jalan Suryakencana Kota Sukabumi. Menurut Nunung, pelatihan kaligrafi aksara sunda ini untuk pertama kalinya dilakukan. Hal ini menjadi salah salah satu upaya sosialisasi mengenai keberadaan kaligrafi aksara sunda kepada masyarakat.

Nunung mengatakan, para pemuda nantinya akan diberikan pelatihan mengenai tekhnik kaligrafi aksara sunda melalui beragam media. Nantinya, produk kaligrafi aksara sunda bisa menjadi salah satu kerajinan khas Jabar. Sehingga bisa menjadi oleh-oleh bagi para pengunjung.

Ditambahkan Nunung, para pemuda yang mendapatkan pelatihan ini diharapkan dapat menyebarluaskan keterampilan ini kepada warga lain di tempat tinggalnya masing-masing. Rencananya, pelatihan akan berakhir pada Jumat (16/10) mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement