Selasa 13 Oct 2015 15:23 WIB

Pelajar Mataram Gelar Pawai Hijratul Rasul

Sejumlah pelajar mengikuti pawai menyambut tahun baru Islam 1437 Hijriah (Ilustrasi)
Foto: Antara/Syaiful Arif
Sejumlah pelajar mengikuti pawai menyambut tahun baru Islam 1437 Hijriah (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Ribuan pelajar, mahasiswa dan perwakilan majelis taklim di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, mengikuti pawai "hijratul rasul" untuk menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1437 Hijriah, Selasa (13/10).

Kegiatan pawai "hijratul rasul" tersebut dikoordinasikan oleh DPP Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) NTB dan dilepas langsung Penjabat Wali Kota Mataram Hj Putu Selly Andayani di depan kantor Wali Kota Mataram.

Ketua DPP BKPRMI NTB Nanang Edward yang ditemui di sela kegiatan pawai "hijratul rasul" mengatakan, pawai "hijratul rasul" ini sudah menjadi tradisi tahunan di Kota Mataram agar generasi muda muslim lebih mengenal tahun baru Islam daripada tahun baru lainnya.

"Pawai 'hijratul rasul' juga untuk mengingatkan kepada remaja dan pemuda muslim bahwa tahun baru Islam yang menjadi tahun baru mereka," katanya.

Dikatakan, kegiatan pawai yang dilakukan sambil melafazkan salawat serta salam ke pada Nabi Muhammad SAW itu diharapkan mampu meningkatkan keimanan dan ketakwaan bagi umat muslim.

"Dengan demikian, para pemuda dan remaja bisa mengindari diri dari narkoba, pergaulan bebas dan lainnya," ujarnya.

Kegiatan ini, katanyai, sekaligus sebagai syiar agama Islam dalam merayakan tahun baru hijriah sekaligus mendukung Kota Mataram sebagai daerah wisata religius.

Di samping itu, kegiatan pawai "hijratul rasul" sebagai salah satu wadah persatuan dan kesatuan pemuda dan remaja masjid di daerah ini. "Kita tidak ingin hanya karena masalah politik, memecah persatuan dan kesatuan. Sebaliknya, kita harus menunjukan bahwa BKPRMI adalah pemersatu umat muslim," katanya.

Menurut dia, ribuan pelajar dan mahasiswa yang mengkuti pawai "hijratul rasul" tersebut berasal dari siswa SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA se-Kota Mataram, serta sejumlah perwakilan dari perguruan tinggi dan majelis taklim di Mataram.

"Pawai 'hijratul rasul' ini juga dilaksanakan di setiap daerah di NTB," katanya.

Khusus di Kota Mataram pawai "hijratul rasul" mengambil titik awal di depan kantor Wali Kota Mataram kemudian berjalan menuju ke arah timur ke Jalan Presean, Jalan Caturwarga dan titik akhir di Taman Sangkareang.

Pawai ini merupakan rangkian penyambutan tahun baru Islam di Kota Mataram, karena pada malam nanti Pemerintah Kota Mataram menggelar doa awal dan akhir tahun di halaman kantor Wali Kota Mataram.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement