Rabu 07 Oct 2015 05:37 WIB

Jelang Tahun Baru Hijriah, Ulama Nigeria: Setop Kekerasan di Dunia Islam

Rep: c33/ Red: Agung Sasongko
Suriah
Suriah

REPUBLIKA.CO.ID, ABUJA -- Pemimpin Muslim Nigeria meminta umat Muslim di seluruh dunia menghentikan segala aksi kekerasan menjelang tahun baru hijriah. Ia ingin Muslim mengedepankan ajaran Islam yang penuh moral dari Nabi Muhammad.

Ketua kongres Muslim (TMC) Luqmon Abdul Raheem mengutarakan tujuannya menjadikan Nabi Muhammad benar-benar sebagai panutan. Sehingga Muslim tidak lagi dilihat sebagai penganut agama yang bertindak radikal."Anda harus punya rasa takut kepada Allah dan rasa memiliki sesama manusia," ujarnya seperti dilansir dari Abna24, Rabu (7/10).

Ia pun meminta tidak hanya Muslim, melainkan non-Muslim untuk turut aktif menghentikan kekerasan dan tindakan-tindakan yang mengancam kedamaian. Sebab, ia mengatakan kalau Allah saja maha pemaaf, maka Muslim sepantasnya saling memaafkan supaya tidak terjadi konflik.

"Biarkan mereka belajar kembali tentang Nabi Muhammad hingga mereka menemukan jati dirinya," katanya.

 

Di sisi lain, guna menyikapi segala permasalahan yang ada ia memfokuskan kepada doa. Menurutnya, doa merupakan salah satu kunci guna melampaui situasi yang menyulitkan dalam diri sendiri. Ditambah lagi, ia meminta Muslim supaya mampu menunjukan citra Islam yang sesungguhnya. Caranya lewat toleransi sebagaimana diajarkan Nabi Muhammad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement