Selasa 06 Oct 2015 00:11 WIB

Alami Kelumpuhan Otak, Bocah 11 Tahun Hafal 30 Juz Alquran

Rep: C35/ Red: Karta Raharja Ucu
Ustaz Yusuf Mansur (kiri), Fajar (tengah), dan ibunda Fajar.
Foto: Ustaz Yusuf Mansur
Ustaz Yusuf Mansur (kiri), Fajar (tengah), dan ibunda Fajar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keberkahan Alquran selalu membawa keajaiban bagi umat yang menjadikannya sebagai sandaran hidup. Fajar, bocah berusia 11 tahun yang menderita cerebral palsy contohnya. Meski secara fisik mengalami keterbatasan, hal itu sama sekali tidak mendapati kesulitan dalam menghafalkan Alquran.

Bahkan, Fajar menghafal 30 juz Alquran. Ustaz Yusuf Mansyur mengatakan, Fajar merupakan sebuah keajaiban yang datang dari Allah SWT untuk umat manusia di muka bumi ini. Ia lahir pada usia kandungan 6,5 bulan dengan kondisi paru-paru, jantung, dan semua organ yang belum normal. Maka dari itu menurutnya anak tersebut dianggap cacat secara normalnya manusia.

"Dia lumpuh, untuk berjalan saja harus dipapah. Tapi ayah ibunya luar biasa," tutur Ustaz Yusuf saat berbincang dengan republika.co.id, Senin (5/10).

Dia, kata Ustaz Yusuf, setiap hari dibacakan Alquran oleh ayahnya satu juz. "Pagi setengah juz dan malam atau sore setengah juz. Terus berlangsung selama bertahun-tahun, hingga pada usia 3,5 tahun dia baru bisa mengeluarkan kata-kata. Kata-kata yang pertama kali dia keluarkan bukan abjad atau mama-papa, tapi Alquran," tutur Ustaz Yusuf.

Dalam kondisi cacat otak dan sebagainya tersebut, dia menjelaskan, Fajar dinyatakan hafiz 30 juz pada usia 4,5 tahun. Kemudian pada usia 11 tahun ini Fajar bertemu dengannya.

Ustaz Yusuf pun mencoba menguji hafalan Fajar. Bahkan, video hafalan Fajar yang diunggah di Youtube sudah tersebar. "Saya tes dari berbagai juz, dia mampu menjawab dengan cepat dan tepat. Tapi ya gitu dah, kata-katanya nggak begitu jelas, tapi artikulasinya bisa dimengerti dan cenderung bagus," lanjutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement