Senin 05 Oct 2015 21:44 WIB

Melawan Asap, Dompet Dhuafa Ajak Publik Peduli Korban Asap

Ahmad Juwaini
Foto: ROL/Fian Firatmaja
Ahmad Juwaini

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga kemanusiaan Dompet Dhuafa mengajak publik peduli terhadap korban bencana asap yang terjadi di beberapa kawasan Indonesia seperti Sumatera dan Kalimantan. Bencana akibat kebakaran hutan ini telah berlangsung hampir menginjak tiga bulan.

“Kami mengajak untuk bersama-sama membantu warga yang terdampak asap. Insya Allah, penggalangan donasi, kami buka selama satu bulan. Target donasi yang kami himpun dalam bencana kabut asap ini sebesar Rp 10 miliar,” ujar Presiden Direktur Dompet Dhuafa, Ahmad Juwaini, Senin, (5/10) di Jakarta.

Ahmad menuturkan, donasi yang terkumpul tersebut nantinya akan digulirkan untuk program kesehatan dan Homeschooling siswa SD di wilayah terdampak.

Sebelumnya, kata Ahmad, untuk penggalangan donasi Melawan Asap telah dibuka sejak tanggal 20 September lalu dan telah terkumpul sekitar ratusan juta rupiah dari para donatur.

“Alhamdulillah, respon baik kami terima dari para donatur. Insya Allah bantuan berupa masker sesuai standar kesehatan di wilayah bencana akan kami siapkan,'' kata Ahmad Juwaini menjelaskan.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga membuka layanan kesehatan bagi warga yang terkena ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas), Dalam waktu mendatang, akan mengorganisasi dan mengekskalasi program kesehatan dengan mengerahkan relawan medis seperti mahasiswa kedokteran kampus setempat.

Melihat proses kegiatan belajar mengajar anak-anak di kawasan bencana yang kini terhambat, Dompet Dhuafa juga tergerak mengadakan program Homeschooling. Program tersebut dihadirkan, untuk membantu anak-anak mengejar ketertinggalan materi di setiap mata pelajaran.

“Kita punya relawan-relawan guru yang sudah terlatih di wilayah daerah bencana, dengan konsep datang ke setiap rumah, Insya Allah program Homeschooling ini akan segera kita realisasikan,” ujarnya menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement