Ahad 04 Oct 2015 09:31 WIB

Tiga Tokoh Nigeria Masuk Daftar 50 Muslim Paling Berpengaruh

Rep: c33/ Red: Agung Sasongko
Muslim Nigeria
Muslim Nigeria

REPUBLIKA.CO.ID, SOKOTO -- Tiga tokoh pemimpin Nigeria masuk dalam daftar 50 Muslim paling berpengaruh di dunia versi lembaga riset Lebanon. Ketiganya adalah Presiden Nigeria Muhammadu Buhari, Sultan Sokoto Saád Abubakar, dan Pemimpin Islam daerah Maiduguri Sheikh Ibrahim Saleh.

Selain ke-50 Muslim paling berpengaruh, lembaga riset itu juga merangkum total daftar 500 Muslim paling berpengaruh. Lembaga tersebut memang setiap tahunnya meluncur daftar itu dan tahun ini merupakan tahun ketujuh.

Berdasarkan riset lembaga itu, ada sekitar 1,7 miliar Muslim, berarti sekitar 23 persen dari populasi dunia. Tujuan penerbitan daftar itu guna menciptakan rasa kebersamaan dan perjuangan bersama dalam komunitas Muslim.

Muslim manapun bisa masuk dalam daftar itu asalkan memenuhi kriteria yang diperlukan. Indikatornya yaitu seorang Muslim yang punya kekuatan, baik itu kekuatan budaya, politik, ideologi, atau finansial. Kekuatan tersebut haruslah digunakan  bagi dunia Muslim, baik pengaruh kekuatannya positif atau negatif harus disikapi secara seimbang.

Sementara itu, Presiden Buhari masuk di urutan ke,20 sedangkan masing-masing Sultan dan Syeikh Saleh ada di urutan 24 dan 38. Penilaian terhadap Buhari mencakup tindakan anti korupsinya dan usahanya menghadapi gerakan separatis, Boko Haram.

”Presiden Buhari merupakan ketua pertama dari korporasi minyak nasional Nigeria (NNPC), jadi secara ekonomi juga luar biasa,” tulis lembaga riset Lebanon seperti dilansir dari premiumtimesng.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement