Ahad 04 Oct 2015 06:54 WIB

Hari Masjid Terbuka di Chicago Undang Non-Muslim Kunjungi Masjid

Rep: c27/ Red: Ani Nursalikah
Muslim AS dalam sebuah kegiatan di Masjid
Muslim AS dalam sebuah kegiatan di Masjid

REPUBLIKA.CO.ID, NAPERVILLE -- Organisasi Dewan Islam Chicago mengumumkan akan membuka pintu masjid di sekitar kota bagi non-Muslim. Keputusan tersebut dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi siapapun yang ingin belajar tentang Islam.

"Ini memberi individu yang mungkin tidak tahu seorang Muslim atau tidak pernah di dalam masjid kesempatan untuk menjadi akrab dengan apa yang terjadi," kata Tabassum Haleem, direktur eksekutif Dewan Organisasi Islam Chicago, mengatakan kepada Daily Herald dikutip dari OnIslam, Ahad (4/10).

Ia menjelaskan akan membuka pintu masjid-masjid di Chicago pada hari ini, termasuk masjid yang berada di wilayah Naperville, Wheaton, Des Plaines dan Libertyville. Bebberapa waktu lalu, beberapa masjid dan pusat ibadah telah melakukan open house, namun ini menjadi kali pertama bagi Dewan Islam Chigago mengkoordinasi Hari Masjid Terbuka yang cakupannya lebih luas.

"Saya sering mendengar tetangga dan siapa saja yang tertarik untuk mengunjungi masjid, mereka menunggu undangan. Mereka tidak merasa nyaman mengangkat telepon dan meminta masjid untuk dikunjungi," kata Halim.

Masjid di Northbrook, Morton Grove dan Chicago juga akan membuka pintu mereka untuk tamu pada jam yang sudah ditentukan. Pengunjung baik Muslim atau non-Muslim, akan disambut oleh para relawan yang akan menawarkan wisata singkat di sekitar dan dalam masjid.

Pada kesempatan tersebut, pengunjung juga diberikan kesempatan untuk bertanya dan melihat para Muslim melakukan ibadah di dalam masjid.

Halim berharap, dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan pemahaman dan akhirnya menimbulkan pengertian. Terlebih lagi dengan susana Islam saat ini yang begitu banyak kesalahpahaman dan ketakutan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement