Kamis 24 Sep 2015 08:29 WIB

Masjid Agung Moskow Mampu Tampung 10 Ribu Jamaah

Masjid Agung Moskow atau Moskovskiy Soborniy Mecet merupakan masjid terbesar di Rusia.
Foto: reuters
Masjid Agung Moskow atau Moskovskiy Soborniy Mecet merupakan masjid terbesar di Rusia.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Masjid Agung Moskow atau Moskovskiy Soborniy Mecet merupakan masjid terbesar di Rusia. Dalam keterangan pers KBRI Moskow, Rabu (23/9), masjid berusia 111 tahun itu direkonstruksi menjadi salah satu masjid paling modern di Eropa.

Masjid dengan kubah setinggi 46 meter dan menara 72 meter tersebut pada bagian tengah memiliki kubah berlapis emas dengan bingkai ukiran ayat-ayat Alquran.

Masjid dilengkapi tujuh lift, pendingin udara, dan fasilitas bagi penyandang cacat. Setelah direstorasi, masjid yang didirikan pada 1904 dan direstorasi mulai 2005, kini memiliki luas 19 ribu meter persegi dan dapat menampung 10 ribu jamaah.

Biaya renovasi masjid Agung Moskow sekitar 170 juta dolar AS. Masjid dibiayai sepenuhnya oleh donatur anggota Dewan Federasi dari Dagestan Suleiman Kerimov yang menyumbangkan lebih dari 100 juta dolar AS.

Selain itu juga bantuan dari Turki berupa mimbar dan mihrab, sumbangan dari Presiden Palestina Mahmoud Abbas sebesar 25 ribu dolar AS atas nama anak-anak Palestina, dan juga sumbangan umat dari berbagai agama.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement