Rabu 02 Sep 2015 12:22 WIB

Kampus Ini Wajibkan Mahasiswa Baru Shalat Dhuha

Rep: Hilman Fauzi/ Red: Indah Wulandari
Shalat dhuha berjamaah (ilustrasi).
Foto: Republika/Agung Supri
Shalat dhuha berjamaah (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Institut Agama Islam Negeri Sultan Maulana Hasanudin (IAIN SMH), Banten menggelar pelaksanaan Orientasi Pengenalan Akademik Kampus (OPAK) dengan kewajiban bagi 1.882 mahasiswa baru untuk mengawalinya dengan shalat Dhuha.

Seluruh mahasiswa baru diharuskan untuk salat Dhuha berjamaah di lapangan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam kampus tersebut.

"Dalam shalat pun diajarkan nilai-nilai moral seperti kedisiplinan, ini kan waktunya shalat Dhuha. Selain itu, kita akan memperkenalkan, budaya, peraturan yang bertujuan membentuk karakter mahasiswa yang mampu bersiang," kata Rektor IAIN SMH Banten Fauzul Iman, Selasa (1/9).

Ia mengatakan, ini dilakukan sebagai bentuk pendidikan kepada mahasiswa baru dari tiga fakultas, yaitu Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Fakultas Tarbiyah dan Adab, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam. Bukan hanya pendidikan agama, melalui shalat Dhuha, kampus memberikan pendidikan moral.

 

Fauzul sendiri menjamin pada pelaksanaan OPAK yang akan berlangsung sleama tiga hari ini tidak akan ada tindakan kekerasan fisik kepada mahasiswa baru yang dilakukan oleh seniornya.

Lebih lanjut, Fauzul mengharapkan kepada mahasiswa baru agar fokus terhadap studi mereka agar setelah lulus bisa menjadi alumni yang berkarakter Islami dan bisa memberikan kontribusi kepada daerah asal masing-masing, dan bermanfaat untuk lingkungan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement