Rabu 02 Sep 2015 05:51 WIB

UIN Syarif Hidayatullah Gelar Seminar Moderasi Islam

UIN Jakarta
Foto: Courtesy of pb-uinjkt.org
UIN Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama tiga hari, 1-3 September, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta bekerjasama dengan Ikatan Alumni Al Azhar Internasional Cabang Indonesia menggelar seminar internasional Moderasi Islam.

Dalam siaran pers yang diterima Republika, Rabu (2/9), seminar diselenggarakan guna meneguhkan moderasi Islam di kalangan Masyarakat Muslim Indonesia, khususnya dalam kehidupan keagamaan dan kebangsaan,

Seminar yang mengangkat tema, Moderasi Asas Keluhuran: Upaya Merumuskan Karakter Pemikiran Islam dalam menghadapi Tantangan Dunia Modern ini, terbuka untuk umum.

Seminar diikuti para peneliti, cendekiawan, dosen, dan ulama dari berbagai negara seperti Mesir, Aljazair, Oman, Irak, Yaman, Yordania, Malaysia, Brunai Darussalam, dan juga dari dalam negeri Indonesia.

Latar belakang penyelenggaraan seminar adalah kegelisahan akan semakin meningkatnya kecenderungan kehidupan sebagian masyarakat muslim Indonesia lebih kepada paham radikalisme fundamentalis literalis serta liberalisme sekularis.

Diharapkan, seminar internasional ini mampu memberikan sumbangan penting bagi tegaknya cara pandang dan sikap moderat masyarakat Muslim Indonesia khususnya, dan dunia umumnya dalam rangka berkontribusi positif dalam perdamaian dunia dan kemanusiaan secara umum.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement