Ahad 02 Aug 2015 09:18 WIB

Soekarwo Harap NU Berperan Tegakkan Islam Rahmatan Lil Alamin

Gubernur Jatim Soekarwo.
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Gubernur Jatim Soekarwo.

REPUBLIKA.CO.ID, JOMBANG -- Gubernur Jawa Timur Soekarwo berharap Nahdlatul Ulama (NU) menjadi salah satu lembaga yang ikut serta menjaga keutuhan NKRI dan mewujudkan Islam yang rahmatan lil alamin.

"Dalam lintas bangsa, sumbangsih NU sangat penting. NU didirikan oleh kiai bersama pejuang bangsa lain untuk mengawal dan memberikan dinamika bangsa dalam sebuah pergerakan," katanya saat pembukaan Muktamar NU ke-33 di alun-alun Jombang, Sabtu (2/8) malam.

Ia mengatakan, NU turut serta dan mempunyai andil besar dalam kemerdekaan bangsa ini. Para ulama NU juga tidak gentar melawan penjajah, bahkan sampai menyerukan perjuangan fisik untuk berjihad.

Seruan untuk berjihad, kata dia, dilakukan guna mengusir penjajah. Perjuangan para ulama ini akhirnya dikenal dengan peristiwa 10 November dan diperingati sebagai Hari Pahlawan. Dia sangat berharap, NU menjadi salah satu lembaga yang ikut serta demi tegaknya Islam rahmatan lil alamin.

Ia mengharapkan NU bisa mewarnai bahkan bisa menjadi solusi bagi berbagai macam masalah pada Islam serta bisa menjadi isu bagi negara lain untuk mewujudkan Islam sebagai rahmat. Gubernur mengatakan, dari Muktamar NU yang sudah ke-33, 12 kali di antaranya muktamar itu digelar di Jawa Timur. Sejumlah daerah, seperti Malang, Surabaya, dan terakhir Jombang digelar sebagai lokasi muktamar.

Dia tersanjung Jatim, terutama Jombang kembali ditunjuk sebagai penyelenggara Muktamar NU. Ia berharap, dalam kegiatan muktamar berjalan dengan guyub rukun, aman, nyaman, serta bisa memutuskan yang terbaik bagi organisasi ini.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement